Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Tak Menampik Peluang Juara Kian Tipis

Kompas.com - 10/10/2017, 16:29 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

KOMPAS.com - Pebalap Scuderia Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, tak menampik peluangnya menjuarai Formula 1 (F1) 2017 semakin kecil. Ini akibat dari kegaalannya mencapai garis finis pada balapan GP Jepang akhir pekan lalu.

Vettel mengalami persoalan di bagian busi yang membuat performa mobilnya tak optimal saat balapan GP Jepang. Alhasil, pada lap ke-5, dia terpaksa mengakhiri balapan.

Kini, Vettel tertinggal 59 poin dari Lewis Hamilton (Mercedes) yang menduduki peringkat pertama klasemen sementara pebalap.

Baca Juga: Klasemen Sementara Formula 1, Lewis Hamilton Kian Tinggalkan Vettel

"Tentu saja, saya tak perlu menjadi seorang genius atau ahli matematika," kata Vettel saat membicarakan jarak poinnya dengan Hamilton.

"Hal yang harus kami lakukan sekarang adalah beristirahat karena telah melewati pekan-pekan sulit. Tim tentunya lelah, jadi saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk beristirahat," tutur Vettel.

Belakangan ini, nasib Ferrari memang tak semujur dua kompetitornya, Mercedes dan Red Bull Racing. Tim berlogo kuda jingkrak itu mengalami sejumlah persoalan teknis yang membuat Vettel dan rekan setimnya, Kimi Raikkonen, tak dapat meraih hasil maksimal.

Baca Juga: Ferrari Tawari Vettel Kontrak Senilai Rp 1,8 Triliun?

Saat GP Singapura, Vettel dan Raikkonen gagal finis setelah terlibat insiden tabrakan dengan Max Verstappen (Red Bull Racing) tak lama setelah melakukan start.

Sementara itu, pada GP Malaysia, Vettel hanya meraih posisi ke-4 dan Raikkonen batal mengikuti balapan karena kerusakan mesin.

Musim balap F1 2017 masih menyisakan empat seri lagi yakni GP Amerika Serikat, GP Meksiko, GP Brasil dan GP Abu Dhabi. Jika Vettel bisa memenangi seluruhnya, dia bakal meraup 100 poin.

Namun, Vettel tentunya sadar bahwa meraih 100 poin dari keempat seri tersebut bukanlah perkara mudah.

"Kami tahu harus menjalani empat balapan terakhir dengan baik. Itulah yang akan kami fokuskan. Sisanya, kita lihat saja nanti," ucap Vettel.

Agenda balapan terdekat, yakni GP Amerika Serikat, akan digelar di Circuit of the Americas, Austin, Texas, 20-22 Oktober 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com