Gala Desa Masuk Pringsewu - Kompas.com

Gala Desa Masuk Pringsewu

Kompas.com - 07/10/2017, 23:23 WIB

Sekitar 1500 orang termasuk di antaranya Bupati Pringsewu H. Sujadi, Ketua DPRD Kab Pringsewu H. Elyasa, seluruh kepala UPD, Ketua KONI Kabupaten Pringsewu Drs M. Alikan MM, serta Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Dr. Raden Isnanta M, Pd, larut dalam semangat anan enerjik menggerakkan raganya berbalut kedalam salahsatu program andalan Kemenpora bertajuk Ayo Olahraga.
Sekitar 1500 orang termasuk di antaranya Bupati Pringsewu H. Sujadi, Ketua DPRD Kab Pringsewu H. Elyasa, seluruh kepala UPD, Ketua KONI Kabupaten Pringsewu Drs M. Alikan MM, serta Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Dr. Raden Isnanta M, Pd, larut dalam semangat anan enerjik menggerakkan raganya berbalut kedalam salahsatu program andalan Kemenpora bertajuk Ayo Olahraga.

PRINGSEWU, Kompas.com  - Lapangan Waringinsari Barat, Kecamatan Sukoharjo, Sabtu (7/10/217), sesak dipenuhi bibit-bibit olahragawan maupun olahragawati untuk mengikuti jalannya prosesi Kick off Gala Desa edisi Kabupaten Pringsewu, Lampung. Sebelum prosesi, para warga yang hadir diajak untuk melakukan senam zumba.

Sekitar 1500 orang termasuk di antaranya Bupati Pringsewu H. Sujadi, Ketua DPRD Kab Pringsewu H. Elyasa, seluruh kepala UPD, Ketua KONI Kabupaten Pringsewu Drs M. Alikan MM, serta Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Dr. Raden Isnanta M, Pd, larut dalam semangat anan enerjik menggerakkan raganya berbalut kedalam salahsatu program andalan Kemenpora bertajuk "Ayo Olahraga".

Seperti halnya di wilayah lain, Gala Desa Pringsewu juga menggelar enam cabang olahraga seperti sepak bola, sepak takraw, atletik, bulutangkis, bola voli dan tenis meja. Pesta olahraga di kota Klanting tersebut diikuti oleh 42 desa dari sembilan Kecamatan.

Resminya digelar Gala Desa di Pringsewu ini setelah secara simbolis Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta melakukan tendangan kickoff sebelum pertandingan sepakbola putridi resmi mulai.

Deputi Pemberdayaan Olahraga Dr. Raden Isnanta, M.Pd, mengatakan jika Kemenpora membuat Gala Desa ini dengan banyak tujuan selain merupakan pesta olahraga bagi masyarakat desa, sehingga dari desa ini tentunya kita akan memunculkan bibit menuju pentas dunia selain bersilaturahmi membangun kekuatan sosial.

"Potensi sesungguhnya di desa itu sangat luar biasa, contohnya di Pringsewu ini, tadi ada empat anak yang memiliki reputasi nasional di usia pelajar, ini baru satu kabupaten, bagaimana jika kita menggelar lebih dari 500 kabupaten yang ada di Indonesia ini.

Dari Gala Desa ini, Isnanta menambahkan mampu melahirkan sebuah kebersamaan dari olahraga yang konon katanya kebhinekaan dikit-dikit goyah. "Melalui olahraga akan kita buktikan mampu menyatukan kita. Olahraga itu tidak ada batas, inilah keunggulan luarbiasa dari olahraga.

Dalam sambutannya, Bupati Pringsewu H. Sujadi, mengatakan bahwa Gala Desa merupakan program nasional yang bertujuan agar seluruh lapisan masyarakat terlibat langsung dalam kaitannya membudayakan olahraga, sehingga hal itu sejalan dengan misi Kemenpora melalui program Ayo Olahraga.

Sekain itu, Sujadi menambahkan jika Pringsewu itu sendiri menjadi langganan untuk mengirimkan atletnya ke pentas internasional. Seperti diketahui, daerah ini mencetak atlet angkat besi yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara.

"Tiap tahun kami memberikan bibit-bibit olahragawan kepada bangsa ini melalui angkat besi  dan lain sebagainya. Tiap tahun pula lah dari kami pasti ada yang berprestasi, baik di tingkat nasional mauun internasional," ucap Bupati Sujadi.

Selain olahraga, Pringsewu juga menampilkan atraksi-atraksi kesenian seperti marching band dari Genta Nada Bahana yang terdiri dari SMAN 1 Sukoharjo, Pringsewu, kemudian hadirnya kesenian reog Ponorogo menyempurnakan pembukaan Gala Desa 2107.

EditorTjahjo Sasongko
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM