Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Terbuka 2017, Final Sesama Tunggal Putra Indonesia Tercipta

Kompas.com - 16/09/2017, 15:45 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber JUARA

SEOUL, KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, lolos ke final Korea Terbuka 2017 setelah menekuk peringkat pertama dunia, Son Wan-ho (Korea Selatan), 16-21, 21-18, dan 21-13 pada laga semifinal, Sabtu (16/9/2017).

Sementara itu, tunggal putra Jonatan Christie, melaju ke final setelah menumbangkan wakil Taiwan, Wang Tzu Wei, 21-13, 21-17.

Atas hasil ini, akan terjadi final sesama pebulu tangkis Indonesia di nomor tunggal putra Korea Terbuka 2017.

Bagi Anthony, ini merupakan final pertamanya pada turnamen level superseries.

"Menurut saya, ini merupakan kesempatan besar untuk tembus ke final karena pemain top seperti Lee Chong Wei, Lin Dan, Chen Long, dan Viktor Axelsen tidak turun. Saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini walaupun tidak gampang juga bisa ke final," kata Anthony ditemui usai berlaga.

Pada gim pertama, Anthony unggul 11-9 pada interval. Namun, Son mengubah strategi sehingga Anthony balik tertinggal 11-14, 14-20.

Pemain besutan klub SGS PLN Bandung tersebut akhirnya harus merelakan gim pertama jadi milik Son.

"Pada gim pertama, saya sempat lengah dan hilang fokus. Meski sempat leading, akhirnya malah kalah," ujar Anthony.

Pada gim kedua, Anthony tampil meyakinkan dengan skor 10-1 hingga 11-3 di interval.

Son mencoba memperkecil selisih poin. Anthony memang masih tetap memimpin, tetapi jaraknya semakin tipis menjadi 12-8 dan 13-11. Anthony yang tetap fokus akhirnya menyentuh angka 21 lebih dulu.

Pada gim ketiga, Anthony yang tertinggal 2-3 di awal berusaha memacu poin dan meninggalkan Son dengan 11-7, 14-7 dan 19-10. Ia akhirnya menang setelah bertanding selama 78 menit.

Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis Vietnam Nguyen Tien Minh dalam semifinal tunggal putra bulu tangkis SEA Games XXIX di Axiata Arena, Kompleks Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (28/8/2017). Jonatan lolos ke babak final setelah mengalahkan Nguyen Tien dengan 21-11, 21-16.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis Vietnam Nguyen Tien Minh dalam semifinal tunggal putra bulu tangkis SEA Games XXIX di Axiata Arena, Kompleks Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (28/8/2017). Jonatan lolos ke babak final setelah mengalahkan Nguyen Tien dengan 21-11, 21-16.
Anthony akan berhadapan dengan rekan senegara, Jonatan Christie, pada partai puncak.

Jonatan melaju ke final setelah menumbangkan wakil Taiwan, Wang Tzu Wei, 21-13, 21-17.

"Bisa all Indonesian final ini jauh sekali dari target kami di tunggal putra. Kami enggak tahu kapan terakhir kali all Indonesian final," ujar Jonatan seperti dikutip Juara.net dari Badminton Indonesia.

"Ini berkat bantuan Tuhan. Mungkin ini adalah hasil dari apa yang kami usahakan sejak dua tahun lalu," katanya.

Final Korea Terbuka 2017 akan dilaksanakan pada Minggu (17/9/2017) di SK Handball Stadium, Seoul, Korea Selatan. (Delia Mustikasari/Nugyasa Laksamana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com