Panahan Ingin Curi Satu Emas - Kompas.com

Panahan Ingin Curi Satu Emas

Kompas.com - 15/09/2017, 22:25 WIB
Tim panahan Indonesia di ajang ASEAN Paragames 2017 Tim panahan Indonesia di ajang ASEAN Paragames 2017

KUALA LUMPUR, Kompas.com - Tim panahan Indonesia tak dibebankan target medali di ASEAN Para Games IX/2017 Malaysia, akan tetapi mereka bertekad untuk membawa pulang setidaknya satu medali emas dari Kuala Lumpur.

Manajer tim Rio Suseno mengatakan jika peluang medali emas itu terbuka dari nomor Compound maupun Recurve, sedangkan atlet yang menjadi andalannya antara lain Abdul Hamid, Veronika Nini, Nurhadi dan Toto Wastomi.

Rio pun menuturkan persiapan timnya sudah berjalan selama setahun di Solo, Jawa Tengah, sehingga dirinya menilai jika perkembangan anak asuhnya cukup baik. Namun yang perlu digaris bawahi bahwa tim yang berkekuatan 10 atlet (6 putra dan 4 putri) ini mayoritas pendatang baru. Pemahaman pemain terhadap peralatan dan teknis permainan pun harus diperkenalkan dari nol. Tapi, itu tak mengurangi para pelatih dan ofisial untuk memolesnya.

Dari sisi scoring hasil latihan dikatakan Rio sudah cukup baik. Tiap latihan bisa mencapai score antara 310-340 untuk Compound maupun Recurve. Jika dibandingkan negara kuat seperti Thailand dan Malaysia boleh jadi balance.

Rio juga menuturkan saat ini tinggal mental atlet dan support alat yang akan membawa anak asuhnya ke puncak prestasi. "Saya yakin bila melihat catatan latihan selama ini untuk masuk ke Olimpiade sangat mungkin," kata Rio.

Tapi Rio menyayangkan adanya pengurangan nomor yang dipertandingkan. Pada ASEAN Para Games 2017 kali ini hanya enam nomor yang dimainkan, berkurang tiga nomor dari penyelenggaraan sebelumnya di Singapura pada 2015. Nomor beregu dihilangkan, tinggal perorangan dan campuran. "Tentu ini merugikan karena Compound dan Recurve putra rata kemampuannya sama dalam beregu," tuturnya

EditorTjahjo Sasongko
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM