Bangkit dari Cedera, Sloane Stephens Juarai AS Terbuka 2017 - Kompas.com

Bangkit dari Cedera, Sloane Stephens Juarai AS Terbuka 2017

Eris Eka Jaya
Kompas.com - 10/09/2017, 09:04 WIB
Petenis Amerika Serikat, Sloane Stephens, melakukan servis saat melawan kompatriotnya, Venus Williams, pada semifinal Grand Slam AS Terbuka 2017 di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, 6 September 2017. Sloane menang 6-1, 0-6, 7-5 untuk meraih final pertamanya dalam turnamen dengan level grand slam.Don EMMERT/AFP Petenis Amerika Serikat, Sloane Stephens, melakukan servis saat melawan kompatriotnya, Venus Williams, pada semifinal Grand Slam AS Terbuka 2017 di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, 6 September 2017. Sloane menang 6-1, 0-6, 7-5 untuk meraih final pertamanya dalam turnamen dengan level grand slam.

NEW YORK, KOMPAS.com - Petenis tunggal putri Amerika Serikat (AS), Sloane Stephens, keluar sebagai juara AS Terbuka 2017 setelah menaklukkan rekan senegara, Madison Keys, pada partai final, Minggu (10/9/2017).

Bermain di Arthur Ashe Stadium, USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, Stephens mengalahkan Keys dengan skor 6-3, 6-0.

Bagi Stephens, ini merupakan gelar perdananya dalam turnamen Grand Slam sekembalinya pulih dari cedera kaki yang dia alami pada Wimbledon 2016. Sebelumnya, pencapaian terbaik dia adalah mencapai semifinal Australia Terbuka 2013.

Akibat cedera ini, perempuan berusia 24 tahun harus menepi dari lapangan tenis selama 11 bulan.

"Rasanya luar biasa. Saya menjalani operasi pada 23 Januari 2017. Jika seseorang mengatakan kepada saya bahwa saya akan memenangi AS Terbuka, saya akan katakan bahwa itu mustahil," kata Stephens seusai pertandingan.

Stephens saat ini menduduki peringkat ke-83 dunia. Dia baru kembali bertanding pada Wimbledon 2017. Saat itu, dia menempati peringkat ke-957 dunia.

Stephens merupakan petenis non-unggulan yang bisa memenangi AS Terbuka dan pemain dengan peringkat terbawah kedua yang meraih gelar Grand Slam setelah Chris O'Neil pada Australia Terbuka 1978.

Final sesama pemain Negeri Paman Sam pada AS Terbuka menjadi yang pertama kali terjadi sejak 2002. Saat itu, Serena bertemu dengan kakaknya, Venus Williams.

"Madison Keys adalah salah satu teman terbaik saya selama mengikuti turnamen. Saya tidak ingin bermain melawan pemain lainnya. Saya katakan kepada dia, andai saja permainannya bisa berakhir seri dan andai saja situasinya terbalik, saya akan tetap mendukungnya," ujar Stephens.

Keys yang bermain dengan paha kanan dibalut perban merasa senang dengan kemenangan teman kecilnya itu.

"Sloane adalah salah satu orang yang saya favoritkan dan bisa bermain melawan dia benar-benar istimewa," kata Keys.

"Saya tidak menampilkan permainan terbaik saya hari ini dan saya sangat kecewa, tetapi Sloane sangat mendukung. Jika saya harus kalah menghadapi seseorang, saya senang orang yang mengalahkan saya adalah dia (Stephens).

Melalui keberhasilan ini, Stephens akan menduduki peringkat ke-17 dunia dalam daftar peringkat yang dikeluarkan WTA pada Senin (11/9/2017). (Delia Mustikasari)

PenulisEris Eka Jaya
EditorEris Eka Jaya
SumberJUARA
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM