Antusiasme Masyarakat Jelang Perayaan Haornas di Magelang - Kompas.com

Antusiasme Masyarakat Jelang Perayaan Haornas di Magelang

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 09/09/2017, 11:40 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menghadiri prosesi tirakatan jelang Hari Olahraga Nasional (Haornas), di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (8/9/2017).KEMENPORA Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menghadiri prosesi tirakatan jelang Hari Olahraga Nasional (Haornas), di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (8/9/2017).

MAGELANG, KOMPAS.com - Masyarakat begitu antusias dalam menyambut peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diselenggarakan di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (8/9/2017).

Kemeriahan dan kehebohan menjelang perayaan Haornas terbukti dari partisipasi ribuan masyarakat pada acara senam massal yang diadakan panitia.

Panitia juga mengadakan upacara sakral tirakatan pada Jumat malam. Upacara itu berupa selamatan yang dilanjutkan dengan pertunjukan wayang hingga dini hari.

"Kegiatan yang digelar berturut-turut selama beberapa hari ini jadi rangkaian Haornas. Gebyar memang harus dilakukan agar hari besarnya insan olahraga ini benar-benar mampu terasa di masyarakat," tutur Yulianto selaku Sutradara Acara.

Selain senam massal dan tirakatan, rangkaian Haornas juga menggelar Liga Pelajar Piala Menpora U-14 dan 16.

Kegiatan bersepeda massal Gowes Pesona Nusantara (GPN) juga disiapkan sebagai salah satu kegiatan puncak Haornas.


Dihadiri Menpora Imam Nahrawi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo awalnya dijadwalkan menghadiri perayaan Haornas. Namun, padatnya agenda membuat rencana tersebut urung terlaksana.

Kendati begitu, Presiden telah memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi,untuk memimpin perayaan Haornas yang jatuh setiap tanggal 9 September tersebut.

Menpora sudah menyatakan siap menjadi bagian dari suksesnya Haornas. Puncak perayaan sendiri, rencananya digelar pada Sabtu (9/9/2017) malam.

Puncaknya adalah prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia dan terwakili oleh 90 kabupaten/kota di setiap provinsi.

Upacara sakral tersebut bakal dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan monumen tanah air persatuan yang ditempatkan di Gunung Tidar, Magelang.

PenulisNugyasa Laksamana
EditorNugyasa Laksamana
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM