Soal Keturunan Ibu Schooling Diungkit-ungkit - Kompas.com

Soal Keturunan Ibu Schooling Diungkit-ungkit

Tjahjo Sasongko
Kompas.com - 11/08/2017, 19:15 WIB
Colin dan May Yim Schooling Colin dan May Yim Schooling

KUALA LUMPUR, Kompas.com - Menteri olahraga dan pemuda Malaysia, Khairy Jamaluddin meminta rakyat Malaysia tidak terpancing dan marah atas ucapan bintang renang asal Singapura, Joseph Schooling.

Schooling yang meraih medali emas pertama Singapura di ajang Olimpiade tahun lalu, dianggap  melecehkan Malaysia dengan ucapannya akan memberi satu-dua pelajaran buat (atlet) Malaysia di kandang mereka pada SEA Games, Agustus ini.

Meski kemudion Schooling menjelaskan bahwa ucapannya sebenarnya ditujukan buat para atlet junior Singapura, namun publik Malaysia sudah terlanjur bereaksi negatif.

Khairy meminta publik Malaysia tidak menyambut Schooling dengan ejekan dan cemooh saat tampil di SEA Games yang akan berlangsung 19-30 Agustus mendatang.  "Tidak boleh ada cemooh dan ejekan," kata Khairy, Jumat (11/08/2017). Itu tak sesuai dengan tujuan SEA Games. Tensi boleh tinggi, dukung tim anda tetapi jangan menghina yang lain,"katanya.

Khairy juga mengingatkan bagaimana pun Schooling mempunyai ikatan dengan Malaysia. "Ingat bahwa ibu Schooling juga kelahiran Malaysia," kata Khairy. Ibu Schooling, May Yim memang seorang yang berasal dari Malaysia namun kemduian menikah dengan Colin Schooling, warga Singapura keturunan Amerika.

Schooling menyumbangkan 9 medali emas buat Singapura pada SEA Games 2015. Tahun ini ia akan turun di 6 nomor.

PenulisTjahjo Sasongko
EditorTjahjo Sasongko
Komentar

Terkini Lainnya

Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM