Tim Indonesia Peringkat 5 Pada Mustang U10 World Series 2017 - Kompas.com

Tim Indonesia Peringkat 5 Pada Mustang U10 World Series 2017

Tjahjo Sasongko
Kompas.com - 10/08/2017, 15:07 WIB
 Tim Bisbol  Banten Lorenz Tiger mampu menempati peringkat 5 pada perhelatan Turnamen World Series PONY 2017 usia U10 di Youngsville Louisiana, Amerika Serikaat. Tim Bisbol Banten Lorenz Tiger mampu menempati peringkat 5 pada perhelatan Turnamen World Series PONY 2017 usia U10 di Youngsville Louisiana, Amerika Serikaat.

YOUNGSVILLE, Kompas.com - Tim Bisbol Banten Lorenz Tiger mampu menempati peringkat 5 pada perhelatan Turnamen World Series PONY 2017 usia U10 di Youngsville Louisiana, Amerika Serikaat.

Kejuaraan yang bernama PONY World Series Tournament ini mempertemukan 8 tim juara dari masing – masing zona kompetisi PONY baseball. Indonesia yang diwakili oleh Tim Baseball Banten Lorenz Tiger maju ke babak World Series sebagai perwakilan juara Zona Asia Pasifik yang dipertandingkan di awal Juni di Singapore.

Pertandingan PONY World Series menggunakan sistim eliminasi ganda di mana masing – masing tim hanya diperbolehkan mengalami 2 kekalahan untuk bisa terus berpartisipasi dalam kejuaraan ini.

Indonesia bergabung bersama Tim Wilmington (Winter Park Optimist), Juara Zona Timur Amerika; Paradera, Aruba, Juara Zona Karibia; Tijuana, Baja, Juara Zona Mexico
untuk memperebutkan 1 tempat ke final.

Pada pertandingan pertama  menghadapi Tim Wilmington wakil Zona Timur Amerika, tim masih dihinggapi kondisi jet lag setelah perjalanan panjang dari Indonesia. Pasukan merah putih cilik  belum mampu menunjukan kemampuan terbaik mereka seperti saat mengalahkan Filipina di partai final Zona Asia Pasifik. Suasana pertandingan yang masih terasa baru, membuat tim merah putih harus takluk 12-2 pada laga perdana ini.

Tidak lama waktu yang dimiliki pasukan muda ini untuk bisa melupakan kegagalan di pertandingan pertama tersebut karena Tim Paradera sudah menunggu keesokan harinya.

Pelatih dan official yang mendampingi 13 atlet belia ini memberikan suntikan motivasi tambahan dan terbukti dipertandingan ke 2, Tim Merah Putih berhasil menaklukan Tim Paradera dengan skor 8-4. Pemain Indonesia bermain jauh lebih tenang dan dengan kepercayaan diri yang lebih baik, mereka ingin membuktikan bahwa tim ini layak tampil dan mampu bersaing dengan tim – tim elite lainnya.

Pertandingan berikutnya Tim Indonesia kembali bertemu dengan Tim Wilmington dan menjadi kesempatan untuk membalas kekalahan pada pertemuan pertama. Motivasi pemain semakin berlipat mengingat mereka tidak boleh lagi menelan kekalahan untuk bisa tetap berpartisipasi dalam kejuaraan ini.

Upaya maksimal telah diberikan pemain – pemain muda usia dibawah 10 tahun ini, namun nampaknya keberuntungan masih belum berpihak pada Tim Indonesia. Pertandingan penuh perjuangan ini harus diakhiri dengan skor 15-14 untuk kemenangan Tim Wilmington.

Hasil tersebut nemempatkan Tim baseball Indonesia di peringkat 5 dari 8 peserta.

Daftar pemain Tim Indonesia (no punggung)
1.    Nelson Cendana, #39
2.    Yamato Kubota, #1
3.    Rashad Harmoko, #27
4.    Jovaneld Ramiro, #46
5.    Gerhard Nathaniel Ung, #30
6.    Dylan Lemuel, #6
7.    Go Kawahara, #2
8.    Paris Siddharta, #8
9.    Michael Leonardo, #5
10.    Nixon Cendana, #38
11.    Muhammad Zavianda, #51
12.    Adika Ladiansya, #50
13.    Reagan Cherdasa, #34

Para pemain didampingi  Pelatih Kepala Jesse Parengkuan; Asisten pelatih Jericho Gaffar; Manajer tim Jeres R. Cherdasa dan manajer bisnis Yongkie Cendana.

PenulisTjahjo Sasongko
EditorTjahjo Sasongko

Komentar