Ranomi Kromowidjojo Cetak Sejarah di Berlin - Kompas.com

Ranomi Kromowidjojo Cetak Sejarah di Berlin

Tjahjo Sasongko
Kompas.com - 08/08/2017, 10:39 WIB
Ranomi Kromowidjojo Ranomi Kromowidjojo

BERLIN, Kompas.com - Bintang renang asal Belanda, Ranomi Kromowidjojo menjadi atlet puteri pertama di dunia yang mampu berenang 50 meter gaya bebas di bawah 23 detik.

Dalam ajang seri Piala Dunia FINA yang berlangsung di kolam pendek (25 meter) Berlin, Senin (07/08/2017), Ranomi mencatat waktu 22.93 detik. Ia mengatasi pemegang rekor dunia, Sarah Sjostrom yang mencatat waktu 23.00 detik. Rekor dunia atas nama Sjostrom sebelumnya adalag 23.10 detik namun diciptakan di kolam panjang (50 meter).

Ranomi Krmowidjojo merupakan peraih medali emas 50 dan 100 meter gaya bebas di Olimpiade London 2012. Pada Kejuaraan Dunia FINA di Budapest bulan lalu, ia menempati posisi dua di bawah Sjostrom.

Persaingan anatara Ranomi dan Sjostrom semakin menarik menjelang berlangsungnya Olimpiade Tokyo 2020.

Ranomi Kromiowidjojo dilahirkan di Sauwerd, Belanda pada 20 Agustus 1990.  Dengan tinggi badan 1.79 meter, Ranomi memiliki postur ideal untuk bersaing di jarak pendek di kolam renang.

Nama Kromowidjojo didapat Ranomi dari kakeknya yang memang asal Jawa dan dikirim sebagai tenaga kerja kontrak perkebunan oleh pemerintah pendudukan Belanda ke Suriname. Kromowidjojo memiliki seorang putera, Rudi yang kemudian pindah ke Belanda. Rudi kemudian menikah dengan wanita Belanda dan memilki dua anak, Ranomi dan Chjanoy.

PenulisTjahjo Sasongko
EditorTjahjo Sasongko
Komentar