Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terimbas Pengobatan Ibunya, Errani Dinyatakan Doping

Kompas.com - 07/08/2017, 23:02 WIB

LONDON, Kompas.com - Petenis Italia, Sara Errani  dijatuhi hukuman larangan bertanding selama dua bulan setelah terbukti positif mengonsumsi zat terlarang letrozone pada tes Februari lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Federasi tenis Internasional (ITF), Senin (07/08/2017).

Errani sendiri menolak mengakui mengonsumsi asupan terlarang tersebut. Ia menyebut zat terlarang tersebut masuk sebagai imbas dari pengobatan kanker payudara yang harus dijalani ibu kandungnya.

"Selama hidup dan karir saya di tenis, saya tidakk pernah menggunakan obat terlarang," demikian pernyataan Errani. "Saya sangat kecewa, namun saat ini saya sadar penuh dan yakin bahwa saya tidak pernah melakukan hal yang salah."

Panel penilai ITF memang menyebut kesalahan Errani berada pada tingkat poaling rendah. Namun ia tetap harus menjalani hukuman larangan bertanding selama dua bulan yang mulai berlaku pada 3 Agustus hingga 2 Oktober mendatang.

Sebelumnya, Errani juga tak tampil di lima turnamen antara 16 Febriari hingga 7 Juni lalu. Pada kurun tersebut ia hanya tampil sebagai semi finalis di turnamen di Rabat, Maroko serta babak kedua Perancis Terbuka.

Hukuman larangan bertanding ini juga menyebabkan dirinya absen di turnamen grand slam AS Terbuka.

Saat ini Errani menempati peringkat 98 dunia. Sepanjang karirnya ia  memenangi 9 gelar juara tinggal dan 25 gelar juara ganda WTA.  Ia pernah menempati peringkat 5 dunia pada 2013, serta lolos ke final Perancis Trtbuka sebelum kalah menghadapi petenis Rusia, Maria Sharapova.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com