Pertamina Arden Berupaya Raih Hasil Positif di Hungaroring - Kompas.com

Pertamina Arden Berupaya Raih Hasil Positif di Hungaroring

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 28/07/2017, 06:50 WIB
Pebalap Indonesia dari tim Pertamina Arden, Sean Gelael.Jagonya Ayam Pebalap Indonesia dari tim Pertamina Arden, Sean Gelael.

BUDAPEST, KOMPAS.com - Pebalap Indonesia, Sean Gelael (21), akan kembali beraksi di lintasan balap pada seri ketujuh Formula 2 (F2) 2017 di Hungaroring, Budapest, 28-30 Juli.

Bersama tim Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, Sean dan rekan satu timnya, Norman Nato, akan bersaing dengan pebalap lainnya untuk meraih hasil optimal.

Sean punya bekal bagus untuk menjalani seri balap kali ini. Pada dua seri sebelumnya, Sean selalu meraih poin saat turun pada balapan pertama (feature race).

Pada seri kelima di Red Bull Ring, Spielberg, Austria (7-9 Juli), dia finis di urutan ke-10 dan berhak mendapatkan satu poin. Sepekan kemudian, di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sean finis di urutan ke-9 dan memperoleh dua poin.

Dengan tiga poin yang sudah didapatkan, Sean saat ini berada di peringkat ke-17 klasemen sementara pebalap F2 2017.

"Musim ini memang bukan musim yang mudah buat Sean. Dia datang di tim yang baru dan berupaya beradaptasi dengan cepat. Meski demikian, kami tetap melihat progres membalapnya," ujar Ricardo Gelael selaku ayah Sean, sekaligus pemilik tim Jagonya Ayam KFC Indonesia.

"Dia lebih berani mengambil peluang, seperti pada balapan di Austria. Cuma memang Sean harus lebih bekerja keras meminimalisir kesalahan. Dia harus lebih fokus," kata Ricardo.

Baca: Sean Gelael Raih Poin Pertamanya pada Musim Ini

Seperti halnya Sean, Nato juga tampil apik pada dua seri terakhir. Setelah gagal finis pada feature race di Austria, pebalap Prancis tersebut finis di urutan ke-7 pada balapan kedua (sprint race).

Pada seri berikutnya di Inggris, Nato kembali naik podium setelah finis di urutan kedua pada feature race dan meraih 18 poin.

Nato kemudian finis di urutan ke-6 pada sprint race dan mendapatkan empat poin. Hasil itu membawa Nato ke peringkat keenam klasemen sementara dengan 67 poin.

Hungaroring bukanlah sirkuit baru bagi Sean. Dia sudah beberapa kali balapan di sini, termasuk dalam dua tahun terakhir pada persaingan GP2 Series (sekarang Formula 2).

Pada 2015, Sean belum turun sebagai pebalap penuh di GP2 Series. Memperkuat tim Carlin, dia finis di urutan ke-18 (feature race) dan ke-20 (sprint race).

Tahun lalu, bersama Pertamina Campos Racing, dia menyelesaikan feature race dengan finis di urutan ke-22. Pada sprint race, dia tampil jauh lebih baik dengan finis di urutan ke-10.

Hungaroring memiliki panjang lintasan 4,381 kilometer dan terdapat 14 tikungan (8 ke kanan dan 6 ke kiri).

Sirkuit ini sudah dipakai untuk balapan Formula 1 pada 1986. Ketika itu, Nelson Piquet (Williams) keluar sebagai pemenang balapan setelah mengalahkan sesama pebalap Brasil, Ayrton Senna (Lotus).

PenulisNugyasa Laksamana
EditorPipit Puspita Rini
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM