Atlet SEA Games Perkuat Tim ASG IX - Kompas.com

Atlet SEA Games Perkuat Tim ASG IX

Tjahjo Sasongko
Kompas.com - 13/07/2017, 21:58 WIB
Atlet renang putyeri Azzahra Permatahani dan pelatihnya,  David ArmandoniFACEBOOK Atlet renang putyeri Azzahra Permatahani dan pelatihnya, David Armandoni

JAKARTA, Kompas.com - Tim renang pelajar Indonesia ke Asean Schools Games IX di Singapura mendapat suntikan  semangat dengan bergabungnya beberap atlet Pelatnas SEA Games 2017.

Dua atlet renang  pelatnas SEA Games, Azzahra Permatahani dan Adinda Larasati diharap memperkuat peluang tim renang Indonesia untuk memenuhi target menjadi peraih medali emas terbanyak buat kontingen Indonesia.

Menurut pelatih tim  Pelatnas SEA Games yang mendampingi kedua atlet ini, David Armandoni,  Azzahra akan turun dalam tiga hari perhelatan cabang renang  ASG sebelum bertolak ke Budapest, Hungaria untuk mengikuti kejuaraan dunia.

"Azzahra ditargetkan untuk menambah perbendahaan medali emas dengan mengikuti 6 nomor individu dan 2 nomor estafet," kata pelatih asal Perancis, David Armandoni ini. "Setelah itu, ia akan kembali ke Denpasar untuk bersama tim bertolak ke Hungaria."

Armandoni berharap para atletnya akan tampil maksimal di Singapura. "Sebenarnya terget buat dia kan di SEA Games, tetapi karen diwajibkan turun di Singapura ini, jadi dia harus juga tampil maksimal di sini," katanya.

Meski begitu, ia mengakui jadwal yang padat tentu berpengaruh pada kondisi fisik Azzahra. "Saya bertolak dari Singapura pada 18 Juli. Sebenarnya saya ingin langsung terbang ke Budapest, tetapi tidak bisa," katanya. "Saya minta untuk pulang langsung ke Denpasar, juga tidak bisa. Pihak federasi minta harus transit di jakafrta."

Menurutnya, perjalanan Singapura-Jakarta-Denpasar yang memakan waktu delapan jam akan lebih menguras tenaga dibandingkan Singapura-Denpasar yang hanya dua jam. "Tetapi ya saya jalani saja. Saya harap Zahra tidak kecapekan," ungkapnya.

Cabang renang menjadi harapan utama kontingen Indonesia untuk dapat bersaing di ajang Asean Schools Games IX di Singapura, 13-21 Juli ini.

Cabang renang  menjadi pendulang medali emas terbesar saat Indonesia menjadi juara umum untuk pertamakali di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada 2015. Namun saat ajang ASG digelar di Chiang Mai, Thailand 2016, Indonesia tergeser di peringkat dua oleh Thailand.

Pada ASG 2017 ini, tim renang akan diperkuat  beberapa atlet pelajar anadalan seperti Sofie Kemala, Angel Gabriella Yus, Felicia, Erick Achmad Fathoni, Alexander Damanik.

PenulisTjahjo Sasongko
EditorTjahjo Sasongko
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM