Renang Jadi Andalan Dulang Medali di ASG 2017 - Kompas.com

Renang Jadi Andalan Dulang Medali di ASG 2017

Tjahjo Sasongko
Kompas.com - 12/07/2017, 16:54 WIB
renang, ilustrasiTjahjo Sasongko/Kompas.com renang, ilustrasi


JAKARTA, Kompas.com - Cabang renang menjadi harapan utama kontingen Indonesia untuk dapat bersaing di ajang Asean Schools Games IX di Singapura, 13-21 JUli ini.

Cabang renang  menjadi pendulang medali emas terbesar saat Indonesia menjadi juara umum untuk pertamakali di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada 2015. Namun saat ajang ASG digelar di Chiang Mai, Thailand 2016, Indonesia tergeser di peringkat dua oleh Thailand.

Meski begitu, atlet-atlet cabang renang tetap menjadi pemasok medali emas terbesar buat kontingen Indonesia. Inilah yang ingin dipertahankan oleh cabang renang saat berlaga di Singapura nanti.

"Target yang diberikan kepada cabang renang sebenarnya mempertahankan prestasi tahun lalu dengan menjadi penyumbang emas terbanyak," kata pelatih tim Indonesia, M. Akbar Nasution di Jakarta, Rabu (12/07/2017). "Tetapi kami menghadapi masalah dengan absennya beberapa atlet pelajar utama."

Menurut Akbar ia berharap dapat mendulang emas melalui atlet-atlet yang sudah berpengalaman di ajang luar negeri seperti Sofie Kemala, Angel Gabriella Yus atau pun Felicia dan Erick Ahmad Fathoni. "Setidaknya dari mereka saya berharap kita mendapat 10 medali emas," katanya.

Tim renang ASG IX terdiri dari 27 atlet dengan rincian 14 putera dan 13 puteri, ditambah 4 pelatih. Nama-nama atlet yang memperkuat tim berasal dari beberapa daerah seperti DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jatim serta Bali.

"Mereka masih muda-muda, tetapi jam tanding pada beberapa atlet sudah lumayan. Jadi saya berharap mereka tidak gugup den siap tanding," kata Akbar lagi.

Tim telah berlatih bersama di kolam renang Cikini Jakarta, sejak pekan lalu.

Pelatih M. Akbar Nasution dan tim renang Indonesia ke ASG 2017FACEBOOK Pelatih M. Akbar Nasution dan tim renang Indonesia ke ASG 2017


ASEAN School Games IX di Singapura digelar pada tanggal 13 sampai dengan 21 Juli 2017 yang diikuti sembilan negara ASEAN, yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain renang, tim Merah Putih akan bertanding di cabang olahraga atletik, senam, bulu tangkis, sepak takraw, tenis, bola voli, bola basket, tenis meja, dan boling.

PenulisTjahjo Sasongko
EditorTjahjo Sasongko
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM