Nunes Kehilangan Kesempatan Bertarung di Partai Utama - Kompas.com

Nunes Kehilangan Kesempatan Bertarung di Partai Utama

Tjahjo Sasongko
Kompas.com - 09/07/2017, 22:49 WIB
Amanda Nunes vs Valentina Shevchenko Amanda Nunes vs Valentina Shevchenko

LAS VEGAS, Kompas.com - Presiden Ultimate Fighting Championship (UFC), Dana White mengaku telah kehilangan kepercayaan kepada juara kelas bantam asal Brasil, Amanda Nunes.

Nunes menarik diri pada saat-saat terakhir jelang pertarungannya menghadapi Valentina Shevchenko pada partai utama gelaran UFC 213 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Sabtu (Minggu WIB). Nunes beralasan tidak siap secara mental karena dipaksa menurunkan berat badan untuk menghadapi Shevchenko.

Alasan Nunes yang Desember lalu mengalahkan Rponda Rousey ini tak dapat diterima White. "Saya tidak akan menempatkannya di partai utama lagi," kata White.

Menurut White, alasan Nunes sebenarnya untuk mundur 90 persen karena mental dan hanya 10 persen karena alasan fisik. "Secara fisik, ia layak untuk bertarung," kata White.

Nunes (14-4 MMA, 7-1 UFC) menyatakan mundur menjelang pertarungan menghadapi Shevchenko (14-2 MMA, 3-1 UFC). "Saya diberitahu kalau Nunes merasa tidak sehat dan diragukan apakah ia akan tampil dalam acara timbang badan," kata White.  Nyatanya ia tampil. namun pagi ini, ia kembali merasa tidak enak badan dan tampaknya tidak akan bertarung."

"Saya tanyakan kepada para dokter apa yang dialaminya. Mereka katakan tak ada masalah secara fisik. Hanya saja ia merasa tidak nyaman," lanjut White.

White juga menegaskan Nunes tak pernah menyatakan tak ingin bertarung. "Hanya saja ia terus berkata merasa tidak sehat, tidak  nyaman."

Menurutnya, pertarungan White-Shevchenko direncanakan akan digelar pada UFC 215 di Edmonton, Kanada pada 9 September mendatang.

Pada pertemuan pertama di UFC 195, Maret 2016, Nunes menang atas Shevchenko.

PenulisTjahjo Sasongko
EditorTjahjo Sasongko
Komentar