Vettel Sesali Insidennya dengan Hamilton Saat GP Azerbaijan - Kompas.com

Vettel Sesali Insidennya dengan Hamilton Saat GP Azerbaijan

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 07/07/2017, 15:56 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (kiri), menjalani konferensi pers bersama pebalap Haas, Kevin Magnussen (tengah) dan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, di Spielberg, Austria, Kamis (6/7/2017).AFP/ANDREJ ISAKOVIC Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (kiri), menjalani konferensi pers bersama pebalap Haas, Kevin Magnussen (tengah) dan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, di Spielberg, Austria, Kamis (6/7/2017).

SPIELBERG, KOMPAS.com - Pebalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, mengaku menyesal telah terlibat insiden dengan Lewis Hamilton (Mercedes) pada balapan GP Azerbaijan di Sirkuit Baku, 25 Juni 2017.

Hal tersebut dinyatakan langsung oleh Vettel saat menjalani sesi konferensi pers menjelang seri GP Austria di Spielberg, Austria, Kamis (6/7/2017) waktu setempat.

"Kami sudah cukup dewasa untuk melupakan persoalan itu. Apa yang saya lakukan salah. Saya minta maaf. Jika saya bisa ke masa lalu, saya akan menarik kembali tindakan itu. Namun, saya tak bisa melakukannya," ujar Vettel seperti dilansir situs resmi F1.


"Sekarang kami akan fokus untuk balapan akhir pekan ini dan melakukan hal yang paling kami cintai," ucap pebalap asal Jerman tersebut.

Terkait insiden dengan Hamilton, Vettel sempat melayangkan permintaan maaf kepada Federasi Otomobil Internasional (Federation Internationale de I'Automobile/FIA).

FIA kemudian memutuskan untuk tidak menjatuhi hukuman lanjutan kepada Vettel dalam insiden yang terjadi pada GP Azerbaijan tersebut.

Menurut FIA, hukuman yang diterima Vettel saat balapan berlangsung dan komitmennya dalam program edukasi pebalap junior formula selama 12 bulan ke depan sudah cukup untuk menutup kasus itu.

Baca juga: Klasemen Sementara Formula 1 2017 Setelah GP Azerbaijan 

"Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saya terlalu berlebihan. Saya tak punya niat untuk melukai dan merusak mobilnya," kata Vettel.

"Menengok ke belakang, itu adalah tindakan yang salah untuk dilakukan. Tindakan tersebut berbahaya dan tak diperlukan," tutur dia.

Saat balapan GP Azerbaijan, Vettel diberikan hukuman penalti 10 detik. Alhasil, dia hanya bisa mengakhiri balapan di urutan keempat.

Sejauh ini, Vettel masih memuncaki klasemen sementara pebalap F1 dengan raihan 153 poin. Dia mengungguli Hamilton yang menduduki posisi kedua.

PenulisNugyasa Laksamana
EditorPipit Puspita Rini
SumberFormula 1
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM