Lintasan Basah atau Kering, Tak Masalah buat Marquez - Kompas.com

Lintasan Basah atau Kering, Tak Masalah buat Marquez

Kompas.com - 02/07/2017, 15:49 WIB
MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, bereaksi setelah mencatat putaran tercepat pada sesi kualifiaksi GP Jerman di Sachsenring, Sabtu (1/7/2017).

HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, mencatat pole position keduanya musim ini setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi GP Jerman di Sachsenring, Sabtu (1/7/2017).

Pebalap 24 tahun tersebut mendapatkan pole position perdana musim ini pada seri ketiga yaitu GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, April lalu.

Setelah lima seri beruntun gagal mengamankan posisi start terdepan, kini Marquez kembali menjadi yang tercepat saat sesi kualifikasi.

Bagi marquez, ini juga merupakan kali kedepalan secara beruntun dia menjadi penguasa pole position GP Jerman (1 x 125cc, 2 x Moto2, 5 x MotoGP).


"Sepertinya setiap tahun semakin dan semakin sulit. Kualifikasi sangat penting. Di lintasan basah, kami tidak pernah tahu seperti apa feeling yang kamu dapatkan dengan motor," kata Marquez pada konferensi pers setelah sesi kualifikasi.

Sesi kulifikasi GP Jerman berlangsung di lintasan basah. Marquez mengungguli Danilo Petrucci (Ducati Team) dan Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) yang akan start dari posisi kedua dan ketiga.

"Pada awal sesi, saya bersabar. Saya mencoba mendapatkan feeling dengan motor, dan menunggu supaya bisa makin cepat dan makin cepat," kata pemilik lima gelar juara dunia di semua kelas tersebut.

"Target utamanya adalah berada di baris start paling depan. Kami berhasil, dan (bahkan) meraih pole position, jadi saya sangat senang," kata dia lagi.

Baca juga: Vinales, Kuat di Lintasan Kering, Kesulitan Saat Basah

Meski bisa mencatat putaran bagus saat beraksi di lintasan basah, Marquez tetap berharap balapan akan berlangsung di lintasan kering karena kecepatannya juga bagus.

Setelah balapan tahun lalu, Sachsenring diaspal ulang. Aspal baru ini membuat proses pengeringan air di lintasan berjalan sangat cepat.

"Luar biasa. Bahkan tahun lalu pun, di sini lintasan cepat kering saat balapan. Sepertinya tahun ini, dengan aspal baru, lebih cepat lagi keringnya," kata Marquez.

Pebalap Spanyol ini menegaskan bahwa dia dan timnya harus benar-benar berkonsentrasi saat balapan, karena bukan tidak mungkin akan terjadi flag-to-flag (pebalap berganti motor karena terjadi perubaan cuaca).

Baca juga: Rossi: Hari yang Sulit dan Bikin Frustrasi

"Yang paling penting adalah bahwa di lintasan basah feeling saya dengan motor juga bagus. Kami siap di dua kondisi," kata Marquez.

"Saya berharap bisa berada di sini (konferensi pers) besok (Minggu, setelah balapan), bisa berada di podium, dan tentu saja kami akan berjuang untuk menang," kata dia menambahkan.

Marquez saat ini berada di urutan keempat klasemen sementara pebalap dengan 104 poin, hanya tertinggal 11 angka dari Andrea Dovizioso (Ducati Team) yang berada di puncak.

Balapan GP Jerman akan berlangsung di Sachsenring pada Minggu (2/7/2017) mulai pukul 14.00 waktu setempat (19.00 WIB).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPipit Puspita Rini
SumberCrash
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM