Kandaskan PV Sindhu, Tai Tzu Ying Maju ke Semifinal - Kompas.com

Kandaskan PV Sindhu, Tai Tzu Ying Maju ke Semifinal

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 23/06/2017, 16:35 WIB
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pemain tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying, bertanding melawan pemain tunggal putri Thailand, Nitchaon Jindapol pada pertandingan perempat final BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (16/6/2017). Tai Tzu Ying gagal melaju ke semifinal setelah kalah dengan skor 19-21, 21-8, dan 17-21.

SYDNEY, KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying, memastikan langkah ke semifinal Australia Terbuka 2017 setelah mengalahkan wakil India, Pusarla Venkata Sindhu, pada laga perempat final.

Tampil di Sydney Olympic Park, Sydney, Australia, Jumat (23/6/2017), Tai Tzu Ying harus berjuang keras meraih kemenangan 10-21, 22-20, 21-16 atas Sindhu dalam waktu 60 menit.

Gim pertama dikuasai oleh Sindhu. Perempuan 21 tahun tersebut tak menemui kendala berarti dan selalu unggul dalam pengumpulan poin hingga akhir sesi.

Situasi kemudian berubah pada gim kedua. Pada sesi ini, kedua pemain bertanding sengit dan bergantian memimpin perolehan poin.

Tai mengawali gim kedua dengan menorehkan empat poin beruntun. Akan tetapi, Sindhu mencoba bangkit hingga mampu berbalik unggul 11-8.

Kondisi tersebut tidak membuat Tai putus asa. Beberapa saat kemudian, dia balik menekan dan menorehkan keunggulan 18-15.

Baca juga: Mengapa Lee Chong Wei Absen pada Australia Terbuka?

Sindhu sempat menghidupkan asa. Secara mengejutkan, dia berhasil mencetak keunggulan 20-19.

Namun, dalam situasi krusial itu, Sindhu melakukan kesalahan dan Tai Tzu Ying akhirnya memenangi persaingan dan laga dilanjutkan ke gim ketiga.

Gim ketiga awalnya dikuasai oleh Sindhu. Namun, ia gagal membendung permainan impresif Tai Tzu Ying dan dipaksa menyerah 16-21.

Laga ini merupakan kemenangan ketujuh Tai atas Sindhu. Secara keseluruhan, kedua pemain sudah menjalani 10 pertemuan dalam berbagai turnamen.

Tai, yang kini merupakan pemain nomor satu dunia, mengawali Australia Terbuka 2017 dengan mengalahkan pemain Skotlandia, Kirsty Gilmour.

Ia kemudian melanjutkan jejaknya ke babak kedua dengan menghadapi pemain andalan Thailand, Ratchanok Intanon, pada Kamis (22/6/2017).

Tai Tzu Ying sanggup menyingkirkan Intanon melalui kemenangan straight game, 21-11, 21-12.

Pada partai semifinal, Tai akan menghadapi pemain unggulan ketiga asal Jepang, Akane Yamaguchi, yang lolos setelah menaklukkan Chen Yufei (China).

PenulisNugyasa Laksamana
EditorPipit Puspita Rini
Komentar