Mengenang Jasa Pahlawan Lewat Pattimura Aquathlon 2017 - Kompas.com

Mengenang Jasa Pahlawan Lewat Pattimura Aquathlon 2017

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 17/06/2017, 05:16 WIB
PATTIMURA AQUATHLON Atlet triathlon Indonesia, Andy Wibowo (paling kiri) dan Inge Prasetyo (kedua dari kanan) menghadiri konferensi pers Pattimura Aquathlon 2017 di Jakarta, 13 Juni 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kodam XVI Pattimura bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Pattimura Aquathlon 2017. Lomba multisport tersebut akan diselenggarakan di Pulau Saparua pada 15 Juli mendatang.

Pattimura Aquathlon 2017 diselenggarakan untuk memperingati 200 tahun gugurnya pahlawan nasional Kapitan Pattimura. Kegiatan ini akan berpusat di Benteng Duurstede yang berada di Pulau Saparua.

"Penyelenggaraan lomba ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari masyarakat Maluku terhadap pahlawan bangsa serta sebuah acara peringatan terhadap perjuangan yang dilakukan elemen bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan," ujar Pangdam XVI Pattimura Mayjen Dodi Monardo.

Menurut Rizku Sutjipto selaku Project Manager Pattimura Aquathlon, lomba multisport ini akan mempertandingkan dua kategori jarak (short distance dan long distance) yang dibagi dalam enam kategori.

Keenam kategori yang dimaksud yakni short distance–pro, long distance–pro, short distance–open, long distance–open, short distance relay–open, dan long distance relay–open.

Pada kategori jarak short distance, para perserta lomba harus menuntaskan fase renang sejauh 750 meter yang dilanjutkan dengan fase lari sejauh 7,5 kilometer sebelum masuk garis finis.

Sementara itu, pada kategori jarak long distance, peserta harus berenang sejauh 1,5 kilometer yang kemudian disusul berlari sejauh 15 kilometer untuk menuntaskan lomba.

Fase renang akan berlangsung di kawasan pantai yang terletak di depan Benteng Duurstede. Lokasi itu merupakan sebuah perairan dengan permukaan yang tenang serta memiliki air yang jernih dan berwarna biru kehijauan.

Adapun untuk lintasan lari, para peserta akan dibawa menyusuri jalan ke sejumlah landmark yang menjadi ikon Pulau Saparua, seperti Benteng Duurstede, Tugu Perjuangan, Rumah Pattimura, dan rumah adat Baileo.

Pattimura Aquathlon 2017 menargetkan 750 peserta akan berpartisipasi di lomba ini. Seluruh biaya registrasi akan digunakan untuk program sosial ke sejumlah sekolah yang ada di Pulau Saparua.

Lomba ini menawarkan total hadiah senilai Rp 120 juta yang akan diperebutkan oleh peserta kategori pro (profesional), short distance, dan long distance.

Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut terkait dengan Pattimura Aquathlon 2017 dapat mengakses di link: http://pattimuraaquathlon.race.id/registration.html

PenulisNugyasa Laksamana
EditorNugyasa Laksamana
Komentar