Ihsan dan Sony Gagal ke babak Utama - Kompas.com

Ihsan dan Sony Gagal ke babak Utama

Kompas.com - 12/06/2017, 16:23 WIB
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa mengembalikan kok dari pemain Hong Kong, Wei Nan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (12/6/2017).

JAKARTA, Kompas.com - Dua tunggal putera Indonesia, Ihsan maulana Mustofa dan pemain senior Sony Dwi  Kuncoro gagal lolos ke  babak utama BCA Indonesia Open SSP 2017 setelah kandas di babak kualifikasi, Senin (12/06/2017).

Ihsan yang diunggulkan di posisi empat  di luar dugaan kalah menghadapi pemain Hong Kong, Wei Nan. Bermain menekan di awal gim, Ihsan akhirnya kedodoran di dua gim terakhir dan menyerah 21-15, 18-21, 13-21.


Pada gim kedua, Wei mengubah strategi dan meningkatkan kecepatannya. Dalam adu netting pun Wei pun tercatat lebih unggul, dimana Ihsan juga banyak memberikan pengembalian tanggung.

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa mengembalikan kok dari pemain Hong Kong, Wei Nan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (12/6/2017). Ihsan mengalami kekalahan di dua gim terakhir dan menyerah 21-15, 18-21, 13-21.

Kekalahan di gim kedua tampaknya mengganggu konsentrasi Ihsan di game ketiga, pemain pelatnas utama ini tertinggal jauh hingga 8-15 hingga akhirnya dikalahkan dengan skor 13-21.

“Saya merasa feeling-nya nggak dapat di permainan ini, dari tangannya juga nggak enak, pukulan saya sering nyangkut dan out. Kalau soal tenaga terforsir main tiga gim sih tidak juga. Di gim pertama kami mainnya masih nggak jelas, sedikit-sedikit mati, dua-duanya kurang ulet,” tutur Ihsan usai laga.

“Tadi pelatih banyak menyemangati saya dan bertanya kenapa hari ini saya tidak bisa menikmati permainan? Saya memang tidak bisa mengeluarkan permainan terbaik saya. Soal engkel, memang saya baru seminggu ini latihan setelah cedera, tetapi ini tidak bisa dijadikan alasan, kalau di lapangan sudah lupa dan nggak dirasain,” tambahnya.

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Sony Dwi Kuncoro mengembalikan kok dari pemain Jepang, Kazumasa Sakai di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (12/6/2017). Sony mengalami kekalahan, 13-21, 16-21.

Kekalahan Ihsan di laga kualifikasi memang disayangkan, mengingat tahun lalu Ihsan berhasil menembus babak semifinal. Tentunya ia bakal kehilangan banyak poin yang nantinya bakal mempengaruhi peringkatnya.

Sementara di lapangan  lainnya, pemain senior Sony Dwi KUncoro juga gagal melewati babak kualifiasi. Peraih medali perunggu Olimpiade 2004 ini kalah dua gim saat menghadapi pemain Jepang, Kazumasa Sakai dan menyerah 13-21, 16-21.

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Sony Dwi Kuncoro mengembalikan kok dari pemain Jepang, Kazumasa Sakai di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (12/6/2017). Sony mengalami kekalahan, 13-21, 16-21.

Karena Istora Gelora Bung Karno Senayan saat ini sedang mengalami renovasi, BCA Indonesia Open SSP 2017 kali ini berlangsung di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Jakarta.   Hanya bisa menyediakan tiga lapangan, turnamen kali ini berlangsung tujuh hari hingga Minggu (18/06/2017).

Pada hari pertama, Plenary Hall yang berkapasitas 2000 penonton diisi hingga separuhnya.

EditorTjahjo Sasongko
Komentar