Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opsi Lokasi Pertandingan Sepak Bola Asian Games 2018

Kompas.com - 04/06/2017, 21:10 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Panitia Asian Games (INASGOC) Erick Thohir membahas soal opsi lokasi penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga sepak bola untuk Asian Games 2018.

Pertandingan sepak bola sudah dipastikan tidak akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Lokasi tersebut hanya dikhususkan untuk upacara pembukaan dan penutupan.

Erick menyatakan bahwa opsi yang paling memungkinkan untuk penyelenggaraan laga sepak bola adalah Jawa Barat. Namun, dia juga tak menutup lokasi lainnya.

"Untuk sepak bola, nanti tergantung jumlah timnya. Kemungkinan memerlukan lima stadion sepak bola. Di Palembang saja tentu tidak akan cukup, sedangkan di Jakarta pada saat ini tidak ada stadion lain jika GBK dipakai," ucap Erick kepada awak media, Minggu (6/4/2017).

"Memang, sejauh ini pilihan paling friendly dan memungkinkan adalah Jawa Barat. Intinya, venue-nya harus dekat dengan Jakarta," ujar Erick.

Sebelumnya, pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah melakukan komunikasi yang akhirnya menghasilkan lima opsi stadion.

Lima stadion tersebut ialah Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor), dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung).

Sementara itu, Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung) diperuntukkan bagi cabor sepak bola putri.

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Ajang ini  akan mempertandingkan 39 cabang olahraga dan 431 event.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com