Rossi: Di Lintasan Kering, Ceritanya Akan Berbeda - Kompas.com

Rossi: Di Lintasan Kering, Ceritanya Akan Berbeda

Kompas.com - 20/05/2017, 07:56 WIB
MOTOGP.COM Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi latihan bebas kedua GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Jumat (19/5/2017).

LE MANS, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, mendapat hasil kurang bagus pada hari pertama GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Jumat (19/5/2017).

Pada sesi latihan bebas pertama (free practice 1/FP2) di lintasan yang masih lembap, Jumat pagi waktu setempat, dia berada di urutan ke-8 daftar pencatat putaran tercepat.

Sorenya, saat FP2, dia hanya bisa berada di urutan ke-10. Sesi ini berlangsung di lintasan yang sepenuhnya basah dan banyak genangan air, karena baru diguyur hujan cukup lebat.

"Jelas bahwa ini adalah hari yang sulit karena kondisi lintasan yang sangat buruk. Kami butuh tahu apakah feeling dengan motor bisa lebih baik saat lintasan kering, dan hari ini tidak mungkin," kata Rossi setelah sesi.


Rossi mengaku, di lintasan basah, dia selalu sangat kesulitan dengan motor yang sekarang. Meski begitu, dia mengatakan bahwa feeling-nya dengan motor meningkat dibanding pada seri sebelumnya.

"Saya merasa lebih baik dan terutama pada sesi sore saat kondisi lintasan basah sepenuhnya, saya merasa cukup kompetitif dan putaran-putaran saya bagus," kata pebalap 38 tahun tersebut.

Baca juga: Dovizioso Taklukkan Lintasan Basah Sirkuit Le Mans pada Latihan Kedua

Rossi mengatakan bahwa dia sebenarnya bisa mendapatkan hasil lebih baik, tetapi butuh waktu lebih lama untuk melakukan putaran demi mendapatkan suhu ban yang diperlukan.

"Sepertinya di lintasan basah, ban butuh lebih banyak putaran untuk mencapai performa maksimum. Saya memang di urutan ke-10 tercepat, tetapi feeling dengan motor cukup positif. Saya merasa lebih baik dengan motor dibanding saat di Sirkuit Jerez," kata Rossi.

Pada balapan GP Spanyol di Sirkuit Jerez, dua pekan lalu, Rossi finis di urutan ke-10. Podium balapan ini dikuasai Dani Pedrosa dan Marc Marquez dari tim Repsol Honda MotoGP, serta Jorge Lorenzo (Ducati Team).

Rossi berharap, sesi latihan bebas dan kualifikasi GP Perancis yang digelar Sabtu (20/5/2017) akan berlangsung di lintasan kering.

"Semoga kering karena di lintasan kering ceritanya akan berbeda. Kami ingin mencoba motor di lintasan normal dan memahaminya dengan lebih baik," kata Rossi.

Rossi saat ini berada di posisi teratas klasemen sementara pebalap dengan koleksi 62 poin. Dia hanya unggul dua angka atas rekan satu timnya, Maverick Vinales.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPipit Puspita Rini
SumberCrash,
Komentar
Terkini Lainnya
Close Ads X