Manfaat Simulasi Piala Sudirman bagi Marcus Fernaldi - Kompas.com

Manfaat Simulasi Piala Sudirman bagi Marcus Fernaldi

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 14/05/2017, 22:26 WIB
KOMPAS.COM/ANDREAS LUKAS Pasangan ganda putra nasional, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, saat menjalani laga simulasi Piala Sudirman yang digelar PP PBSI di Hall Pelatnas, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (13/5/2017). Marcus/Kevin menang atas pasangan Angga Pratama/Mohammad Ahsan dengan skor 19-21, 21-17, 21-10.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain spesialis ganda putra nasional, Marcus Fernaldi Gideon, mengaku mendapat keuntungan dengan digelarnya simulasi Piala Sudirman di Hall Pelatnas, Cipayung, Sabtu (13/5/2017).

Menurut dia, simulasi tersebut cukup memberi dia dan sang tandem, Kevin Sanjaya Sukamuljo, atmosfer persaingan pada Piala Sudirman 2017 yang akan berlangsung di Gold Coast, Australia, 21-28 Mei.

"Simulasi ini lumayan membantu kami untuk menghadapi pertandingan sebenarnya pada Piala Sudirman nanti, bagaimana atmosfer persaingannya," tutur Marcus kepada JUARA.

"Secara mental, saya dan Kevin sudah lebih siap karena persiapan kami lebih lama. Jadi, fisik dan mental juga lebih segar dan enak," kata Marcus lagi.

Marcus yang merupakan pemain binaan PB Tangkas Intiland mengaku sempat kewalahan menghadapi turnamen beruntun beberapa waktu lalu.

Setelah menjuarai All England 2017 pada Maret lalu, Marcus/Kevin melanjutkan tren menjadi kampiun pada turnamen India Terbuka dan Malaysia Terbuka dalam tempo dua pekan beruntun.

Laju Marcus/Kevin baru terhenti saat menjalani turnamen Singapura Terbuka yang mulai digelar dua hari setelah hari terakhir Malaysia Terbuka.

Di Negeri Singa, Marcus/Kevin mencapai babak semifinal. Pasangan ganda putra nomor satu dunia itu kalah dari Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark) dengan skor 21-11, 11-21, 14-21.

"Sebenarnya waktu kami kalah dari Boe/Mogensen bukan berarti mereka istimewa banget. Mereka cuma lebih siap ketimbang kami," kata Marcus.

badmintonindonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

"Sebelum ke Singapura, kami terus ikut turnamen dan masuk final. Baru selesai turnamen, sudah ikut turnamen lagi. Jadi, agak turun pas di Singapura," ucap Marcus lagi.

Marcus/Kevin menjadi satu dari tiga pasangan ganda putra yang masuk ke skuat Piala Sudirman. Selain mereka, PP PBSI juga menunjuk pasangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro.

Total, Indonesia mengirim 20 wakil yang terdiri dari 10 pemain putra dan 10 pemain putri.

Indonesia akan mengawali perjuangan pada Piala Sudirman dengan menghadapi India, Selasa (23/5/2017). Sehari kemudian, giliran Denmark yang menjadi lawan. (Diya Farida Purnawangsuni)

PenulisNugyasa Laksamana
EditorPipit Puspita Rini
SumberJUARA,
Komentar
Close Ads X