Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggi Setiawan Jalani Latihan di Motor Ranch Milik Valentino Rossi

Kompas.com - 12/05/2017, 15:52 WIB

TAVULLIA, KOMPAS.com - Edisi ketiga VR46 Master Camp memulai aktivitas pada Rabu (10/5/2017). Para pebalap melakukan pemanasan sebagai persiapan menjalani program-program selanjutnya.

Anggi Setiawan (18) merupakan pebalap Indonesia yang dipanggil mengikuti program ini. Selain itu ada lima pebalap lain dari beberapa negara berbeda.

Pada Kamis pagi, enam pebalap yang terpilih ikut program ini menjalani sesi pemanasan di pusat kebugaran. Mereka dipandu instruktur fisio gym Carlo Casabianca.

Para pebalap muda ini dikenalkan pada latihan yang bermanfaat bagi pergerakan, peregangan, sekaligus penguatan otot-otot mereka.

MOVISTAR YAMAHA MOTOGP Pebalap Moto2, Luca Marini (kanan), dan pebalap Moto3, Andrea Migno (dua dari kanan), menemani para peserta VR46 Riders Academy, termasuk Anggi Setiawan dari Indonesia, berlatih di Tavullia, Italia, Rabu (10/5/2017).

Mereka lalu berlatih lari bersama pebalap VR46 Riders Academy yang kini berlaga di Moto2, Luca Marini, serta pebalap Moto3, Andrea Migno.

"Saya sangat senang! Saya kaget melihat betapa bagus dan profesionalnya fasilitas untuk para pebalap di sini," kata Anggi dalam rilis yang diterima KOMPAS.com.

"Ini sangat luar biasa karena di Indonesia kami tidak punya yang seperti ini. Saya sangat senang mendapatkan pengalaman ini," kata dia lagi.

Selesai berlatih pagi, mereka makan siang di Bar, Ristorante e Pizzeria Da Rossi di Tavullia. Setelah menikmati potato wedges, nasi, dan es krim, para pebalap mendapatkan tambahan energi baru.

Mereka lalu dibawa ke Motor Ranch milik pebalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi. Anggi dkk berlatih flat track di bawah arahan Marco Belli, juara tiga kali English Flat Track, juara dua kali American Flat Track, dan juara European Flat Track.

Dengan motor Yamaha YZ250F, Belli memacu motornya di depan para peserta camp selama beberapa putaran. Setelah itu, para pebalap dilepas sendiri.

MOVISTAR YAMAHA MOTOGP Para pebalap muda peserta VR46 Master Camp, termasuk Anggi Setiawan dari Indonesia, berlatih flat track di Motor Ranch milik Valentino Rossi di Tavullia, Italia, Rabu (10/5/2017).

"Hari pertama merupakan kesempatan untuk mengerti level para pebalap dan kami menjalani program sederhana untuk menilai mereka," kata Belli.

"Selanjutnya kami bisa meningkatkan skill mereka. Hal bagus tentang program ini adalah bahwa hanya ada enam pebalap yang terlibat, jadi saya punya waktu untuk bekerja dengan masing-masing sesuai kebutuhan mereka," kata dia lagi.

Dalam salah satu sesinya, Belli meminta para pebalap muda ini untuk memacu motor dengan satu tangan. Para pebalap sempat terkejut dan mengalami kesulitan dengan cara ini.

"Pada akhirnya, mereka mengerti betapa bagusnya latihan ini. Mereka diminta untuk lebih mengandalkan setengah badan ke bawah dibandingkan tangan mereka," kata Belli.

Selain Anggi, pebalap lain yang ikut program ini adalah Peerapong Boonlert (18 tahun, Thailand), Shota Ite (15, Jepang), dan Muhammad Akid bin Aziz (18, Malayai).

Selain itu ada pebalap Australia, Brandon Demmery (19), serta pebalap dari Kanada, Tomas Casas (17) .

MOVISTAR YAMAHA MOTOGP Para pebalap muda peserta VR46 Master Camp, termasuk Anggi Setiawan dari Indonesia (kanan), siap berlatih flat track di Motor Ranch milik Valentino Rossi di Tavullia, Italia, Rabu (10/5/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com