Masukan Ricciardo untuk Verstappen - Kompas.com

Masukan Ricciardo untuk Verstappen

Kompas.com - 10/05/2017, 22:41 WIB
JOHANNES EISELE/AFP PHOTO Dua pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen (Belanda, kiri) da Daniel Ricciardo (Australia), berjalan di paddock Sirkuit Internasional Shanghai jelang digelanya GP China, Kamis 6/4/2017).

MILTON KEYNES, KOMPAS.com - Pebalap Red Bull Racing asal Australia, Daniel Ricciardo, memberikan masukan untuk rekan satu timnya, Max Verstappen (Belanda).

Menurut Ricciardo, Verstappen harus mulai lebih mendengarkan saran dari pebalap-pebalap Formula 1 (F1) yang lebih senior.

Dia juga mengatakan bahwa keengganan Verstappen menerima nasihat para pebalap senior bisa menjadi bumerang pada perjalanan kariernya.

"Saya pikir kekuatan Verstappen adalah determinasinya. Dia jelas tipe pebalap yang akan memacu mobil hingga mencapai limit dan hal itu sangat bagus," tutur Ricciardo yang dilansir Motorsport, Rabu (10/5/2017).

"Kekurangannya, saya pikir adalah usia. Bukan usia dalam olahraga ini karena dia sudah cukup lama membalap, tetapi usia dalam kehidupan," kata Ricciardo.

Tahun lalu, Verstappen menjadi sorotan karena gaya membalapnya kerap dianggap membahayakan pebalap-pebalap lain.

Baca juga:
- Valtteri Bottas Raih Kemenangan Perdana di Formula 1
- Penantian Panjang Bottas Capai Podium Tertinggi Formula 1

Dua pebalap yang paling vokal melayangkan protes kepada Verstappen ialah duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Namun, Verstappen selalu menolak disalahkan.

"Banyak pebalap yang lebih tua akan mengatakan, 'begini, kami pikir hal ini tidak benar' atau seperti itu. Lalu Max akan bereaksi 'saya tahu apa yang saya lakukan'. Hal ini menjadi kekuatan dari sifat independennya, tetapi juga menjadi kelemahannya," kata Ricciardo.

"Namun, seiring dengan berjalannya waktu dia akan menyadari sedikit nasihat dari para pebalap yang lebih tua tersebut," ucap pebalap 27 tahun itu.

Meski memiliki kritik tersendiri terhadap Verstappen, Ricciardo meyakini relasi dengan rekan setimnya itu berjalan baik. Ricciardo juga menganggap mereka saling memotivasi satu sama lain untuk meraih hasil terbaik.

Hingga seri balap keempat musim ini di Rusia, Verstappen dan Ricciardo menempati peringkat kelima dan keenam klasemen pebalap. Verstappen mengumpulkan 35 poin, sementara Ricciardo mengoleksi 22 poin.

Mereka akan kembali menjalani balapan F1 2017 pada GP Spanyol di Circuit de Barcelona-Catalunya, 12-14 Mei. (Pipit Puspita Rini)

EditorPipit Puspita Rini
SumberJUARA,
Komentar
Close Ads X