Sean Ingin Curi Poin di Catalunya - Kompas.com

Sean Ingin Curi Poin di Catalunya

Kompas.com - 09/05/2017, 19:39 WIB
Stanly/KompasOtomotif Sean Gelael saat sesi konferensi pers di Jakarta menyambut hasil positif sebagai tes driver Toro Rosso.

JAKARTA, Kompas.com - Pebalap muda Indonesia yang memperkuat tim Pertamina Arden, Sean Gelael mengaku tertantang untuk mencuri poin pada balapan seri dua Formula 2 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 12-14 Mei karena sudah cukup familiar.

Berdasarkan data yang diterima media di Jakarta, Selasa, harapan pebalap berusia 20 tahun itu dinilai cukup masuk akal. Selain sudah paham karakter lintasan, Sean juga didukung dengan engineer handal yaitu Getan Jego yang kualitasnya telah teruji.

Anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael ini juga berharap keberuntungan berpihak kepadanya. Sean tidak ingin kejadian di seri pertama di Sirkuit Sakhir Bahrain terulang. Di seri pembuka balapan satu level di Formula 1 itu Sean sempat terkendala dengan perangkat kendaraannya.

"Barcelona itu sirkuit yang menantang. Akan tetapi saya selalu menikmati balapan disini. Tentu atmosfer persaingan akan luar bisa sebagai balapan pembuka di Eropa musim ini," kata Sean Gelael dalam keterangannya.

Untuk menghadapi balapan seri Catalunya ini, Sean bersama dengan rekan satu timnya yaitu Norman Nato mengaku sudah siap. Apalagi, sebelum memulai balapan di Spanyol, keduanya telah melakukan evaluasi hasil seri pertama. Beberapa kelemahan dari kendaraan sudah dibereskan.

Semangat Sean di Catalunya juga cukup tinggi setelah penyuka musik hip hop sukses melaksanakan tugasnya sebagai pebalap penguji di tim balap Formula 1 Toro Rosso. Debut Sean mengendalikan jet darat ini sangat diapresiasi oleh pemilik tim yaitu Franz Tost.

"Kami dan tim sudah bekerja keras untuk memecahkan semua masalah. Kami berharap bisa mendapatkan balapan ideal untuk mendapatkan poin. Hasil tes selama latihan menunjukkan jika kami cukup kompetitif," kata Sean menambahkan.

Terkait dengan karakter Sirkuit Catalunya, Sean mengaku semua pebalap sudah cukup mengenal. Apalagi sebelum balapan resmi di sirkuit ini semua pebalap Formula 2 melakukan ujicoba resmi. Baik Sean maupun Nato mampu masuk sepuluh besar.

Bagi Nato, Sirkuit Barcelona juga memiliki tuah yang besar. Musim lalu, pebalap asal Prancis ini memenangi balapan feature. Nato mengawali musim ini dengan bagus, yaitu meraih podium kedua pada balapan feature.

Sayangnya pada balapan sprint, mobil Nato tersenggol pebalap lain yang membuatnya tersingkir dari persaingan.

Sirkuit Catalunya yang dibangun pada tahun 1991, dikenal sebagai tempat ujian yang komplet bagi pebalap. Sirkuit ini punya variasi lintasan lurus yang panjang, tikungan yang cepat sekaligus tricky. Sirkuit ini juga punya trek yang cukup abrasif, sehingga kemampuan pebalap memanajemen kondisi ban dan kecepatan akan benar-benar diuji.

EditorTjahjo Sasongko
SumberANTARA
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM