Kembali Balapan F1, Jenson Button Girang - Kompas.com

Kembali Balapan F1, Jenson Button Girang

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 05/05/2017, 20:27 WIB
AFP/ANDREJ ISAKOVIC Pebalap asal Inggris, Jenson Button, menghadiri sesi konferensi pers menjelang balapan Formula 1 di Abu Dhabi, 24 November 2016.

MONTE CARLO, KOMPAS.com - Pebalap Inggris, Jenson Button, mengaku antusias bisa kembali membalap pada ajang Formula 1 (F1), meski hanya sebagai pebalap cadangan di tim McLaren-Honda.

Pada GP Monaco yang akan berlangsung 26-28 Mei, McLaren menunjuk Button untuk menggantikan Fernando Alonso yang memutuskan "rehat sejenak" untuk mengikuti balapan Indianapolis (Indy) 500 di Amerika Serikat.


"Ketika kesempatan membalap di Monaco datang, tentu saya langsung menerimanya," ujar Button seperti dilansir Sky Sports.

"Saya tak mau membalap selama semusim penuh karena masa saya di F1 sudah selesai. Namun, kembali membalap untuk GP Monaco merupakan impian pebalap," tutur dia.

Button memutuskan berhenti membalap setelah musim 2016 berakhir. Namun, dia tak sepenuhnya hengkang dari F1.

Saat ini, pria 37 tahun itu merupakan pebalap cadangan sekaligus duta McLaren hingga 2018.

Kendati sudah enam bulan tak berada di dalam kokpit F1, Button tak merasa canggung. Sebaliknya, ia yakin masih bisa mengendarai jet darat tersebut dengan baik.

"Saya berlatih dengan simulator dan setelah menjalani lima putaran, saya merasa 'oke, saya masih bisa melakukannya'," ucap Button.

"Saya masih bisa mengarahkan mobil saat di tikungan dan masih tahu cara mengganti gigi dan beberapa hal lainnya," tutur dia.

Sepanjang kariernya di F1, Button sukses memenagi 15 balapan. Ia pernah menjadi juara pada 2009 bersama tim Brawn GP.

PenulisNugyasa Laksamana
EditorPipit Puspita Rini
Komentar