Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo: Harapan Sempat Sangat Tinggi

Kompas.com - 05/05/2017, 18:49 WIB

JEREZ, KOMPAS.com - Pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo, belum merasakan naik podium sejak bergabung dengan Ducati Team pada MotoGP 2017.

Dari tiga balapan yang sudah digelar, posisi finis terbaiknya adalah di urutan ke-9, yakni pada seri ketiga di Circuit of The Americas (COTA), Austin, dua pekan lalu.

Pada seri pertama di Sirkuit Losail, Qatar, dia finis di urutan ke-11. Pada seri kedua di Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina, dia gagal finis setelah jatuh pada lap pertama.

"Musim ini dimulai dengan tidak teralu bagus. Harapan sempat sangat tinggi dengan kedatangan saya ke Ducati," kata Lorenzo dalam konferensi pers jelang GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Kamis (4/5/2017).

"Semua hal tidak semudah yang terlihat. Saya butuh waktu lebih untuk beradaptasi dengan motor Ducati yang spesial sekaligus sulit," kata Lorenzo menambahkan.


Lorenzo memang sempat diprediksi akan bisa bersaing di depan bersama Ducati. Hal ini didasari hasil bagus yang didapat Lorenzo pada tes pasca-musim di Valencia, November tahun lalu.

Namun, saat musim berjalan, Lorenzo tertinggal dari para pebalap papan atas lain. Dia tak bisa bersaing seperti yang diinginkan karena proses adaptasi dengan Desmosedici GP tidak berjalan sesuai rencana.

"Sedikit demi sedikit saya mulai membaik. Di Austin, saya bisa berada di posisi keenam saat kualifikasi, atau yang terbaik dari pebalap Ducati," ujar Lorenzo.

"Lalu saat balapan, saya finis tiga detik di belakang Andrea (Dovizioso, rekan satu timnya) yang sudah lima tahun di Ducati, dan tahu betul motor kami seperti apa," kata dia menambahkan.

Lorenzo menjelaskan bahwa motor Ducati yang dia pakai sekarang memang tidak sepenuhnya sempurna untuk gaya balapnya.

"Tetapi, sekarang saya semakin baik, semakin cepat, dan semakin nyaman. Saya sangat berusaha keras, lebih dari yang sebelum-sebelumnya," kata Lorenzo.

Lorenzo mengaku harus melatih fisiknya lebih dari sebelum-sebelumnya. Dia banyak menghabiskan waktu untuk mencapai standar fisik yang diperlukan.

"Saya akan melakukan segalanya untuk membuat ducati kompetitif pada masa-masa mendatang," ujar pebalap yang genap berusia 30 tahun pada 5 Mei 2017 tersebut.


Meski belum mendapatkan hasil yang diinginkan, Lorenzo mengaku senang berada di keluarga Ducati. Timnya selalu memberikan dukungan dan memenuhi semua keperluannya.

"Mereka percaya dan yakin dengan saya, dan itu membuat saya senang. Saya akan berusaha keras untuk memberikan yang terbaik, secepat mungkin," kata pemilik lima gelar juara dunia semua kelas tersebut.

Lorenzo saat ini berada di Sirkuit Jerez untuk menjalani seri keempat MotoGP 2017. Di Sirkuit Jerez, Lorenzo tiga kali menjadi juara sejak naik ke MotoGP yakni pada 2010, 2011, dan 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com