Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toto Wolff Pastikan Mercedes Cari Tahu Masalah Mobil Hamilton di Rusia

Kompas.com - 02/05/2017, 14:56 WIB

SOCHI, KOMPAS.com - Pebalap Mercedes asal lnggris, Lewis Hamilton, menutup balapan GP Rusia di Sochi Autodrom, Minggu (30/4/2017), dengan finis di urutan keempat.

Namun, dia berjarak 36 detik lebih dari rekan satu timnya, Valtteri Bottas (Finlandia), yang akhirnya memenangi balapan.

Hal inilah yang membuat tim Mercedes penasaran, apa yang salah dengan Hamilton.

"Menurut saya, ada kalanya kita salah memilih jalan. Hal ini berkaitan dengan fungsi ban. Kalian sudah melihat bagaimana performa tim bisa sangat bagus atau sangat jelek," kata Toto Wolff, Executive Director Mercedes.

"Red Bull contohnya. Pada balapan sebelumnya di Bahrain, mereka sangat bagus dengan ban supersoft, dan ketika memakai ban hard, mereka kesulitan," ujar Wolff.

Wolff mengatakan bahwa timnya akan melakukan investigasi mengapa Hamilton kesulitan dengan ban yang dia pakai saat di Rusia, sementara Bottas tidak banyak mengalami masalah.

"Kalian bisa lihat mobil Valtteri sangat komptetitif dengan ban ultrasoft pada awal balapan, tetapi tidak terlalu saat memakai ban supersoft," ujar Wolff tentang balapan GP Rusia.

"Mengapa hal itu tidak berlaku pada mobil Lewis. Kami harus mencari tahu, saya tidak ingin berspekulasi," ujar dia menanmbahkan.

Saat balapan, Hamilton sempat mengabarkan ke tim melalui radio bahwa ada masalah dengan mobilnya. Dia berhasil bertahan hingga menyelesaikan balapan.


Namun, dia tidak bisa bersaing dengan tiga pebalap di depannya. Duo Ferrari, Sebastian Vettel (Jerman) dan Kimi Raikkonen (Finlandia) finis di urutan kedua dan ketiga, di belakang Bottas.

"Dia tahu bagaimana balapan di sini, dia dua kali menang di sini (2014, 2015), jadi dia punya rekor yang sangat bagus saat balapan di Sochi," ucap Wolff.

"Jadi, ada sesuatu antara mobil, ban, dan pebalap yang tidak selaras. Kami harus mencari apa itu," kata Wolff menambahkan.

Setelah empat seri musim ini, Mercedes memimpin klaseman untuk kategori tim. Namun, dengan 136 poin yang dimiliki, Mercedes hanya unggul satu poin atas Ferrari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com