Marc Marquez Senang, tetapi Belum Puas - Kompas.com

Marc Marquez Senang, tetapi Belum Puas

Kompas.com - 22/04/2017, 10:30 WIB
MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, memacu motornya pada sesi latihan bebas kedua GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Jumat (22/4/2017).

AUSTIN, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, menjadi yang tercepat dari hasil akumulasi sesi latihan bebas (free practice) pertama dan kedua GP Americas, Jumat (21/4/2017).

Marquez mengaku senang dengan hasil yang dia dapatkan di Circuit of The Americas (COTA), Austin, tersebut.

Namun, dia juga tahu masih banyak yang harus ditingkatkan jika ingin bersaing dengan pebalap Movistar Yamaha MotoGP, terutama Maverick Vinales.

"Hasil akhir pada hari Jumat tidak terlalu penting. Saya memakai ban soft, sementara Vinales tidak. Namun, saya cukup senang karena saya konsisten dan bekerja sangat baik dengan tim," kata Marquez.

Putaran terbaik Marquez pada hari pertama adalah 2 menit 4,061 detik yang dibuat saat FP2. Dia lebih cepat 0,390 detik dari Vinales yang berada di urutan ketiga.

Namun, Vinales masih belum turun dengan ban soft. Pebalap Spanyol tersebut mencatat putaran terbaiknya dengan ban medium.


"Kami masih bisa berkembang di beberapa area. Namun, kami punya masalah dengan ban depan, dan bagaimana mengatasi efek gelombang di lintasan," kata Marquez.

"Sepertinya motor Yamaha -seperti di Argentina, juga di sini- sangat bagus meredam gelombang. Mereka sangat stabil, sementara motor Honda jadi banyak bergerak (tidak stabil)," kata dia menjelaskan.

Marquez juga mengaku belum menemukan cara terbaik untuk melewati sektor empat. Pebalap Spanyol ini mengaku belum menemukan jalur terbaik untuk mendapatkan catatan waktu yang lebih cepat.

Pebalap 24 tahun tersebut lalu menjelaskan bahwa dia mengerem sedikit lebih lambat saat memasuki tikungan, sehingga bisa mendapatkan putaran lebih baik yang mengantarnya menjadi pebalap tercepat pada hari pertama.

"Ban depan tahun ini lebih baik, masa pakainya juga lebih lama. Namun, benar bahwa ketika kamu tidak mendapatkan setelan motor yang bagus, kamu akan bermasalah dengan ban depan," kata Marquez.

"Ketika kamu tidak punya akselerasi terbaik, kamu akan bermasalah dengan pengereman, dan kamu makin bermasalah dengan ban. Karena alasan itulah kami lebih bermasalah dengan ban depan, dibanding pebalap lain," ujar dia lagi.


Sejak naik ke MotoGP pada 2013, tahun ini merupakan kali pertama Marquez menjalani seri ketiga tanpa meraih satu pun kemenangan dari dua seri sebelumnya.

Dua balapan pertama musim ini, GP Qatar dan GP Argentina, selalu dimenangi Vinales, yang kini memimpin klasemen dengan total 50 poin.

Tahun ini merupakan kali kelima GP Americas digelar. Dari empat penyelenggaraan sebelumnya, Marquez selalu keluar sebagai pemenang dengan mengawali balapan dari pole position.

Perebutan posisi start atau sesi kualifikasi GP Americas akan digelar Sabtu (22/4/2017) siang waktu setempat atau Minggu dini hari WIB. Sebelumnya, para pebalap akan bersaing pada FP3 dan FP4.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPipit Puspita Rini
SumberCrash
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM