Data dan Fakta Jelang MotoGP Americas - Kompas.com

Data dan Fakta Jelang MotoGP Americas

Kompas.com - 21/04/2017, 18:01 WIB
MOTOGP.COM Para pebalap MotoGP (kiri-kanan), Johann Zarco (Yamaha Tech3), Marc Marquez (Repsol Honda Team), Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP), Cal Crutchlow (LCR Honda), dan Alvaro Bautista (Aspar Team) berpose saat konferensi pers jelang GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Kamis (20/4/2017).

AUSTIN , KOMPAS.com - Tahun ini merupakan kali kelima Circuit of The Americas (COTA), Austin, menjadi tuan rumah MotoGP. GP Americas 2017 digelar pada 21-23 April.

Persaingan akan dibuka dengan sesi latihan bebas pertama pada Jumat (21/4/2017) pagi waktu setempat atau malam WIB.

Sebelum persaingan dimulai, berikut beberapa fakta menarik jelang GP Americas.

- Secara keseluruhan, sudah ada 29 grand prix digelar di Amerika Serikat yang tersebar di Sirkuit Daytona (2), Sirkuit Laguna Seca (15), Sirkuit Indianapolis (8), dan COTA (4).

- Marc Marquez (Repsol Honda Team) selalu menang dari delapan kali dia balapan MotoGP di Amerika yaitu empat kali di COTA, tiga kali di Sirkuit Indianapolis, dan sekali di Sirkuit Laguna Seca. Hanya sekali dari delapan kemenangan tersebut yang didapat Marquez tidak dari pole position, yakni di Laguna Seca pada 2013.

- Dari pebalap MotoGP yang aktif saat ini, hanya Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Dani Pedrosa (Repsol Honda Team), Jorge Lorenzo (Ducati Team), dan Marquez, yang pernah menang di Amerika.

- Dalam tiga balapan terakhir di Austin, Ducati Team selalu berhasil menempatkan satu pebalap di podium. Andrea Dovizioso finis di urutan ketiga pada 2014, lalu kedua pada 2015. Tahun lalu, Andrea Iannone finis di urutan ketiga.

- Finis di urutan kedua yang didapat Jorge Lorenzo tahun lalu merupakan hasil terbaik yang didapat Yamaha di Austin.


- Tahun lalu, Maverick Vinales finis di urutan keempat bersama Team Suzuki Ecstar. Rekan satu timnya, Aleix Espargaro, menyusul finis di urutan kelima. Itu merupakan kali pertama sejak GP San Marino 2007 ketika dua pebalap Suzuki bisa finis lima besar.

- Dari 12 pebalap yang naik podium pada empat balapan GP Americas sebelumnya selalu berasal dari Spanyol atau Italia.

- Pemenang dari tiga balapan Moto2 di Austin sekarang ikut balapan MotoGP. Mereka adalah Maverick Vinales (juara 2014), Sam Lowes (2015), dan Alex Rins (2016). Pemenang balapan Moto2 lainnya di Austin adalah Nico Terol pada 2013.

- Tiga pebalap Moto2 yang tahun lalu naik podium GP Americas (Alex Rins, Sam Lowes, dan Johann Zarco) kini sudah naik ke MotoGP.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPipit Puspita Rini
SumberMotoGP
Komentar

Terkini Lainnya

Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM