Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinales: Terlalu Berisiko...

Kompas.com - 26/03/2017, 05:23 WIB

LOSAIL, KOMPAS.com - Pebalap Spanyol, Maverick Vinales, akan memulai balapan MotoGP dari pole position untuk kali pertama bersama Movistar Yamaha pada GP Qatar, Minggu (26/3/2017).

Vinales tampil bagus sepanjang tiga sesi latihan bebas yang digelar di Sirkuit Internasional Losail. Dia berada di posisi tercepat daftar kombinasi ketiga sesi tersebut.

Ketika sesi kualifikasi yang seharusnya digelar Sabtu (25/3/2017) dibatalkan, dia otomatis berhak atas pole position.

"Rasanya sangat aneh hujan terjadi di Qatar! Sejak latihan pertama saya merasa sangat oke, catatan waktu saya sangat bagus, dan bahkan saya bisa membalap lebih cepat dibanding saat kualifikasi tahun lalu," kata Vinales.


Vinales mengaku setuju dengan pembatalan semua sesi pada Sabtu dengan mepertimbangkan keselamatan para pebalap. Kualifikasi kelas Moto2 dan Moto3 juga dibatalkan.

"Tadi kondisinya sulit, tidak bagus baik untuk ban basah atau kering. Terlalu berisiko untuk turun ke lintasan," ujar pebalap 22 tahun tersebut.

"Beberapa pebalap pasti kecewa dengan kondisi ini dan beberapa akan senang. Buat saya, keselamatan yang utama dan tadi kondisinya sangat sulit," kata juara dunia Moto3 2013 tersebut.

Vinales merupakan salah satu yang sedikit kecewa tidak bisa turun pada Sabtu. Pada sesi latihan bebas yang seharusnya digelar sebelum kualifikasi, dia sudah punya rencana mencoba beberapa hal.

"Banyak hal, elektronik, bensin penuh, juga ban lama. Kami sedikit kecewa tidak bisa turun ke lintasan dan tidak bisa mencoba set-up motor buat balapan. Kami akan mencobanya besok (Minggu)," kata Vinales.

Sebelum menjalani balapan, para pebalap masih punya kesempatan mencoba motor pada sesi pemanasan selama 30 menit.

Jika hujan kembali turun pada Minggu, Vinales mengatakan penting untuk tetap turun ke lintasan dan melakukan beberapa putaran agar para pebalap bisa tahu apakah balapan bisa tetap digelar atau tidak.

"Sulilt untuk mengatakannya karena kami belum pernah (balapan malam dan hujan). Jika besok (Minggu) ada kemungkinan untuk balapan (saat hujan), kami akan lihat dan mencoba, tetapi akan sulit," kata dia.

Balapan dijadwalkan berlangsung dalam 22 putaran, mulai pukul 21.00 waktu setempat (Senin 01.00 WIB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com