Surabaya Samator Menang Telak atas Jakarta Elektrik - Kompas.com

Surabaya Samator Menang Telak atas Jakarta Elektrik

Kompas.com - 17/03/2017, 23:31 WIB
SUCI RAHAYU/JUARA.NET Pemain Surabaya Bhayangkara Samator, Galih Bayu Saputra (kanan), bereaksi setelah timnya meraih poin saat menghadapi Jakarta Elektrik PLN pada Seri III putaran kedua Proliga di GOR Ken Arok, Malang, Jumat (17/3/2017).

MALANG, KOMPAS.com - Tim bola voli Surabaya Bhayangkara Samator menundukkan Jakarta Elektrik PLN di GOR Ken Arok, Malang, Jumat (17/3/2017).

Pada laga Seri III putaran kedua Proliga 2017 tersebut, Samator menang 3-0 (25-20, 29-27, 25-18) dan berhak mendapatkan tambahan tiga poin.

"Hari ini kami bersyukur Samator bisa menang. Setelah mulus melewati putaran pertama, kami memang mengalami banyak penurunan pada putaran kedua," kata pelatih Samator, Ibarsjah Djanu Tjahyono, setelah pertandingan.

Samator menelan dua kekalahan pada Seri I putaran kedua yang berlangsung di Gresik, awal Maret. "Ini merupakan tantangan kami untuk membangkitan mental dan semangat pemain," kata Ibarsjah lagi.

Samator memulai pertandingan hari ini dengan bagus. Meski mendapat perlawanan cukup sengit, mereka tampil dominan dan memenangi set ini.

Pada awal set kedua, skor kedua tim imbang hingga 4-4. Elektrik lebih dulu membuka jarak dengan mencetak tiga poin beruntun.

Elektrik terus memimpin hingga 18-13, lalu 21-18. Mereka punya peluang besar untuk menyamakan posisi saat unggul 24-21.

Namun, Samator mulai mengejar. Poin yang bermula dari smes Rivan Nurmulki mengubah kedudukan menjadi imbang 24-24.

Kedua tim bergantian memimpin hingga akhirnya smes keras Rendy Tamamilang memastikan Samator memenangi set ini.

"Pada set kedua, kami ketinggalan 2, 3, sampai 4 poin. Setiap rotasi posisi pemain, kami melakukan dua sampai tiga kesalahan," kata Ibarsjah.

Samator mengawali set ketiga dengan baik. Mereka tak memberi kesempatan Elektrik untuk bangkit. Pada technical time out kedua, samator memimpin 16-9.

Elektrik semakin sulit keluar dari tekanan, sementara Samator semakin percaya diri. Bola hasil servis Yayan Riyanto yang gagal melewati net memastikan Samator memenangi pertandingan.

Samator sudah pasti lolos ke babak final four. Mereka kini berada di urutan kedua klasemen dengan koleksi 19 poin. Posisi pertama ditempati Jakarta Pertamina Energi dengan 21 poin.

EditorPipit Puspita Rini
Komentar