Kamis, 30 Maret 2017

Olahraga

Indonesia Satu Grup dengan Denmark di Piala Sudirman

Jumat, 17 Maret 2017 | 22:05 WIB
BADMINTON INDONESIA Pemain tunggal putra nasional, Anthony Sinisuka Ginting, tampil dalam laga babak pertama All England 2017 kontra Chou Tien Chen (Taiwan), di Barclaycard Arena, Rabu (8/3/2017).



JAKARTA, Kompas.com - Kejuaraan dunia beregu campuran  Piala Sudirman 2017 akan dihelat di Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei 2017.

Kejuaraan beregu campuran yang memainkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran ini merupakan salah satu kejuaraan yang paling dinanti-nanti pecinta bulutangkis dunia di tahun 2017.

Gelaran Piala Sudirman 2017 tentunya akan berlangsung sangat menarik, mengingat peta kekuatan tiap negara berubah usai Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Tiongkok yang tak terkalahkan di Piala Sudirman dalam 12 tahun terakhir, diperkirakan bakal dapat banyak saingan berat pada Piala Sudirman kali ini, karena banyak pemain senior mereka yang sudah gantung raket pasca olimpiade.

Dalam pengundian grup yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (17/3), Indonesia masuk di grup 1D bersama Denmark dan India.

“Saya melihat kekuatan negara peserta cukup berimbang ya, untuk di grup tentu kita harus lolos dulu supaya bisa ke babak delapan besar. Kans tetap terbuka baik lawan Denmark atau India, peluangnya 50-50,” komentar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti.

“Lawan India, kami akan coba curi poin di ganda campuran, ganda putra dan ganda putri serta tunggal putra. Sedangkan saat melawan Denmark, nomor-nomor andalan adalah ganda putra, ganda campuran, ganda putri serta tunggal putri,” sebut Susy kepada Badmintonindonesia.org.

Ditambahkan Susy, berkaca pada catatan prestasi terakhir para punggawa bulutangkis Merah-Putih, semifinal menjadi target realistis yang dipatok PBSI.

“Tetapi kami tetap optimis dan positif thinking saja untuk hasil maksimal dan berusaha siapa tahu bisa juara. Tim butuh semangat yang lebih, kerja keras, serta dukungan dan doa dari semua pihak,” ujar peraih medali emas tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992 ini.

Soal komposisi pemain, Susy mengatakan bakan menurunkan tim terbaik di perebutan supremasi bergengsi ini. Tim Piala Sudirman Indonesia tahun ini bakal diisi pemain senior dan pemain muda.

“Sepulang dari Swiss Open, kami akan mengadakan pertemuan untuk membahas persiapan ke Piala Sudirman 2017, termasuk menentukan tim bayangan, komposisi tim bisa saja perpaduan pemain senior dan muda,” pungkas Susy yang tengah berada di Basel, Swiss mendampingi tim Indonesia di ajang Swiss Open Grand Prix Gold 2017.

Berikut hasil Undian Piala Sudirman 2017:
Grup 1
Grup 1A : Tiongkok, Thailand, Hong Kong
Group 1B : Korea, Taiwan, Rusia
Grup 1C : Jepang, Malaysia, Inggris
Grup 1D : Denmark, Indonesia, India

Grup 2
Grup 2A : Jerman, Vietnam, Skotlandia, Kanada
Grup 2B : Singapura, Australia, Amerika Serikat, Austria

Grup 3
Grup 3A : Selandia Baru, Kaledonia Baru, Makau, Guam
Grup 3B : Sri Lanka, Slowakia, Polinesia Perancis, Fiji

Editor : Tjahjo Sasongko
TAG: