David Sitanala Raih Hasil Positif pada Tes Pramusim di China - Kompas.com

David Sitanala Raih Hasil Positif pada Tes Pramusim di China

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 15/03/2017, 21:06 WIB
HUMAS DJS Pebalap Formula 4 (F4) Indonesia, David Sitanala (tengah), berdiskusi dengan manajernya, Stanley Iriawan (kiri), dan perwakilan tim Champ Motosports yang menaungi David pada ajang F4 China.

ZHUHAI, KOMPAS.com - Pebalap Indonesia, David Sitanala, menyelesaikan dua hari tes (13-14 Maret 2017) bersama Champ Motorsport di Sirkuit International Zhuhai, China, dengan catatan positif.

Tes ini merupakan salah satu dari tiga private test (tes tertutup) yang direncanakan David sebelum turun pada tes pramusim resmi dan seri pertama Formula 4 China yang rencananya akan berlangsung 22-23 April.

Selama dua hari tes di China, David mendapati dua kondisi cuaca beragam. Hari pertama kondisi trek kering dan lembab, sedangkan keesokannya basah karena guyuran hujan.

Meski begitu, pebalap kelahiran 8 Juli 1999 itu sukses menampilkan performa apik. Pada hari pertama tes, David mencatatkan waktu terbaik 1 menit 44,3 detik.

Catatan waktu David hanya terpaut 0,3 detik dari salah seorang pebalap Formula 3 Eropa (pebalap Team KRC Taiwan) yang juga sedang melakukan tes di Sirkuit Internasional Zhuhai.


"Overall, pada hari pertama ini, David cukup baik di kondisi track yang kering dengan ditambah udara sangat lembab,” ujar Manajer David, Stanley Iriawan.

Adapun pada hari kedua, David mengukir catatan waktu terbaik 1 menit 54,1 detik dalam kondisi trek basah.

Bagi Stanley, turunnya hujan pada hari kedua menjadi sebuah keuntungan. Ia menilai kondisi cuaca seperti itu merupakan pengalaman yang bagus untuk David.

"Saya berharap akan turun hujan pada hari kedua, dan alhamdullilah memang hujan. Jadi, sangat bagus untuk persiapan David karena dia belum pernah testing di hujan," tutur Stanley.

Pelatih balap David, Julio Acosta, melayangkan pujian terhadap pencapaian anak asuhnya pada dua hari tes pramusim di China.

“David cukup impresif pada sesi kedua testing, walaupun dia sempat tergelincir ke gravel hingga testing dihentikan sementara," kata Acosta.

"Namun David patut diacungi jempol karena dia berani untuk mencoba limit kendaraan demi mendapatkan waktu yang lebih baik,” ucap Acosta.

David akan kembali mengikuti tes pramusim dalam waktu dua minggu mendatang di sirkuit yang sama.

Formula 4 China merupakan bagian dari ajang F4 Internasional di bawah naungan FIAyang pertama kali diperkenalkan pada Maret 2013.

Mobil formula yang akan digunakan David menggunakan mesin Geely G-Power 2.0L Naturally Aspirated dengan raihan top speed hingga 227 kilometer per jam.

PenulisNugyasa Laksamana
EditorPipit Puspita Rini
Komentar

Terkini Lainnya

Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM