Marquez: Hanya Ada Satu Pebalap yang Lebih Cepat - Kompas.com

Marquez: Hanya Ada Satu Pebalap yang Lebih Cepat

Kompas.com - 13/03/2017, 13:39 WIB
MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, memacu motornya pada hari ketiga tes pramusim MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (12/3/2017).

LOSAIL, KOMPAS.com - Rencana pebalap Spanyol, Marc Marquez, untuk mendapatkan kemajuan pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (12/3/2017), batal terwujud.

Pada sesi yang berlangsung tujuh jam, pebalap Repsol Honda tersebut jatuh tiga kali. Bahkan, dia tidak bisa melakukan simulasi balapan.

"Hari terakhir tadi bukanlah yang terbaik saat tes pramusim! Tadi sangat sulit karena saya terjatuh, dan terutama pada jam terakhir saya jatuh dua kali," kata Marquez seusai sesi.


Pada akhir sesi, dia berada di urutan ke-10 daftar pencatat putaran tercepat. Putaran terbaiknya terpaut 0,660 detik dari Maverick Vinales ( Movistar Yamaha) yang menjadi pebalap tercepat.

Marquez menjelaskan bahwa dia selalu memacu RC213V dengan maksimal sejak putaran pertama hingga terakhir. Dia selalu berusaha mencatat putaran di kisaran 1 menit 55 detik.

"Itu berisiko. Tentu akan lebih mudah jika bertahan di 1 menit 56 detik, lalu memacu maksimal pada satu atau dua putaran. Namun, saya sedang bersiap untuk balapan," kata pebalap 24 tahun tersebut.

Menurut Marquez, kecelakaan pertamanya terjadi ketika dia mencoba sesuatu yang berbeda, tetapi motornya jadi aneh. Kecelakaan berikutnya terjadi karena kesalahan Marquez.


"Namun, lebih baik mengalami semua masalah tersebut dalam tiga hari tes ini. Pada hari pertama tes, semua hal seperti berjalan berlawanan," kata Marquez.

"Kami kehilangan satu setengah hari karena hal bodoh yakni ketika kami ingin berubah, ternyata motornya benar-benar berubah," ujar Marquez yang jatuh dua kali pada hari pertama, Jumat (10/3/2017).

Marquez menegaskan bahwa masih ada hal kecil yang belum tepat dengan mesinnya. Hal tersebut harus segera diatasi sebelum balapan musim ini berlangsung tak sampai dua pekan lagi.

Meski secara putaran terbaik cukup jauh tertinggal, Marquez menyebut bahwa hanya ada satu pebalap yang memiliki kecepatan balapan lebih baik, yaitu Vinales.


"Oke, orang hanya akan melihat tentang kecelakaan saya, tetapi ritme kami saya rasa tidak terlalu buruk," kata Marquez.

"Aneh memang. Kami jauh (dalam daftar pencatat putaran tercepat), tetapi untuk ritme balapan hanya ada satu pebalap yang lebih cepat dibanding yang lain, yaitu Vinales, dan kami bisa bersaing," kata Marquez lagi.

Marquez dan Repsol Honda punya waktu tak sampai dua pekan untuk mempersiapkan diri sebelum turun pada seri pertama di Qatar, 23-26 Maret.

EditorPipit Puspita Rini
SumberCrash,
Komentar
Close Ads X