Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghargaan Buat Keluarga Joseph Schooling

Kompas.com - 07/02/2017, 22:22 WIB

SINGAPURA, Kompas.com - Keluarga Joseph Schooling -atlet Singapura pertama peraih medali emas Olimpiade- menerima penghargaan sebagai penduduk Singapura paling berjasa tahun lalu.

Keluarga yang terdiri dari Colin (ayah), May (ibu) dan Joseph Schooling  dianggap mengangkat nama Singapura di tengah peta dunia ketika Schooling meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro, Agustus 2016.

Mereka mengalahkan 11 saingan lain terdiri dari pekerja sosial, pengusaha mau pun orang-orang yang aktif membantu orang. Keluarga Schooling mendapat trofi dari wakil Perdana Menteri Tharman Shanmugaratnam serta hadiah uang tunai 20 ribu dolar Singapura.

Penghargaan ini diberikan juri dengan alasan suami isteri Schooling telah melakukan pengorbanan untuk mendukung prestasi anak mereka dan mengatasi segala rintangan.

Joseph Schooling di antara atlet-atlet besar: Michael Phelps, Laszlo Cseh dan Chad Le Clos

Demi memenuhi ambisi Joseph untuk merebut medali emas Olimpiade pertama, Colin dan May berkorban secara mental dan finansial, termasuk mengeluarkan dana sampai 1 juta dolar untuk pendidikan dan latihan  serta melakukan lobi kepada pemerintah agar putera mereka dibebaskan dari wajib militer pada 2013 lalu untuk mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade 2016.

May Yim Schooling berharap kemenangan ini menjadi inspirasi buat orang tua Singapura lainnya untuk selalu mengikuti aspirasi putera puteri mereka. "Saya tahu hampir semua orang menginginkan putera puteri mereka menjadi dokter atau pun pengacara. Tetapi sebagai orang tua, kita harus  membiarkan mereka mengikuti keinginan mereka dan tidak selalu memaksa keinginan terhadap mereka."

Menurut May Yim, hal tersulit adalah saat harus berpisah dengan putera tunggal mereka yang melanjutkan pendidikan serta latihan di Amerika Serikat. "Joseph sangat berdedikasi dan fokus. Ia sangat percaya diri, kami tinggal mendukung mereka."

Penghargaan ini disambut baik oleh Joseph Scholling yang tengah melanjutkan  pendidikan tinggi di Texas, Amerika. "Tanpa dukungan, cinta, kontribusi mereka saya tidak akan seperti ini," kata Schooling melalui rekaman video.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com