Riri dan Mira Akan Bertemu Scorsese - Kompas.com

Riri dan Mira Akan Bertemu Scorsese

Kompas.com - 18/01/2017, 23:05 WIB
KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Riri Riza dan Mira Lesmana (kiri) hadir dalam acara pemutaran perdana filn Maestro Indonesia di Piknik Sinema Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan, Sabtu (10/9/2016).


JAKARTA, Kompas.com - Sutradara dan produser film, Riri Riza dan Mira Lesmana, Rabu (18/1/2017) terbang ke Taipei menghadiri pemutaran perdana film Silence besutan sutradara legendaris Martin Scorsese.

Riri Riza dan Mira Lesmana  datang ke Taipei memenuhi undangan CATCHPLAY dan akan menghadiri pemutaran perdana Silence di wilayah Asia di Taipei pada Kamis (19/1) malam. Sebelum datang ke premiere, keduanya diberi kesempatan ekslusif untuk bertatap muka dan berdialog langsung dengan Martin Scorsese.

Riri dan Mira mengaku sangat antusias ketika diberitahu mereka diundang. Riri mengenang saat mereka membuat film Kuldesak dan dengan naif menelpon agency Scorsese untuk ‘meminjam’ footage film Taxi Driver agar bisa dimasukkan ke dalam film yang sedang ia garap kala itu. Setelah berulang kali menelpon, ia baru sadar kalau yang menerima telponnya selama itu adalah mesin penjawab.

Kesempatan super langka bertemu Scorsese kali ini tak ia sia-siakan, ia bahkan sudah menyiapkan sederet pertanyaan untuk sang legenda.  “Martin Scorsese adalah bagian penting sejarah film dunia. Dia bekerja secara independen di New York, menghasilkan film-film memukau, berseni dan mengguncang karena ide cerita dan visualnya. Saya selalu mengagumi karya dan etos kerja Scorsese,“ tutur Riri Riza, pembesut film Ada Apa Dengan Cinta 2, Gie dan 3 Hari Untuk Selamanya itu. “Senang luar biasa akan berjumpa, bercakap dengannya lalu menonton pemutaran perdana Silence,” imbuhnya lagi.

Sementara Mira mengaku kalau sejak kuliah ia sudah terkagum-kagum pada sosok dan karya-karya Scorsese, benar-benar tak sabar bertemu dengan idolanya. “Telah berkarya selama lebih dari 50 tahun, Martin Scorsese adalah sineas sejati yang menginspirasi sejak saya masih kuliah film hingga hari ini,“ ungkap Mira Lesmana. Dengan wajah sumringah produser Ada Apa dengan Cinta?, Laskar Pelangi dan sejumlah film populer di tanah air itu berucap, ”Yang pasti, saya tak sabar bisa menjabat tangannya. Terima kasih CATCHPLAY untuk kesempatan luar biasa ini."

Scorsese memang bukan nama yang asing bagi penggemar film, ia merupakan salah satu sosok besar perfilman dunia yang disegani. Telah menjadi sutradara sejak tahun 1959, dan membesut 57 film, Scorsese memenangkan sebuah Oscar di antara ratusan penghargaan bergengsi lainnya.  Sebagian karya Scorsese bukan hanya komersial tapi juga monumental, penggemar film pasti tak asing dengan judul-judul seperti Taxi Driver, Raging Bull, Goodfellas, Age of Innocence, Casino, Departed, hingga Wolf of Wall Street, dan tentu saja akhirnya: Silence.

Silence diangkat dari novel dengan judul yang sama karya sastrawan Jepang Shusaku Endo, mengisahkan perjalanan dua pendeta Yesuit mencari mentor mereka yang hilang di pedalaman Jepang pada awal abad 17. Film ini merupakan passion project Scorsese, bahkan sebenarnya ia sudah memulai proyek ini sejak tahun 1991.

Ini bukan kali pertama CATCHPLAY terlibat proyek berkelas internasional. Pada 2015, CATCHPLAY merilis The Revenant  yang disutradarai Alejandro G. Iñárritu dan dibintangi Leonardo DiCaprio, Tom Hardy dan Will Poulter.

Sejak Juni tahun lalu, di Indonesia, CATCHPLAY memberi layanan video on demand atau nonton film online dengan film terbaru yang baru usai tayang di bioskop. Memiliki lebih dari 350 genre dengan kepustakaan film blockbuster Hollywood, klasik, peraih penghargaan, independen, serta film-film Eropa dan Asia termasuk Indonesia.

Riri dan Mira akan memberi update pertemuan mereka dengan Scorsese, suasana premiere Silence dan press conference  secara live via akun Facebook, Twitter dan Instagram mereka @mirles dan @rizariri pada hari Kamis, 19 Januari dan Jumat, 20 Januari 2017.  (/*)

EditorTjahjo Sasongko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM