Dana Satlak Prima Baru Turun April - Kompas.com

Dana Satlak Prima Baru Turun April

Kompas.com - 11/01/2017, 23:41 WIB
Shutterstock Ilustrasi olahraga basket.

JAKARTA, Kompas.com - Pemusatan latihan nasional (pelatnas) cabang olahraga bola basket yang dipersiapkan untuk SEA Games 2017 masih menggunakan dana mandiri dari PB Perbasi karena ada perubahan sistem pendanaan dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

"Rencana awal, pendanaan pelatnas dari Satlak Prima imulai dari Januari ini. Tapi dalam perjalanannya ada perubahan. Jadi saat ini kita menggunakan dana sendiri," kata manajer timnas basket putra, Suhadi di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan keterangan dari Satlak Prima, pendanaan untuk pelatnas baru akan dilakukan pada April hingga Agustus. Dengan demikian, pembiayaan mandiri oleh Perbasi ini dilakukan mulai akhir tahun lalu hingga April.

Timnas basket Indonesia yang dipersiapkan untuk kejuaraan dua tahunan di Malaysia, Agustus nanti sebenarnya sudah menjalani pemusatan latihan sejak November tahun lalu. Pemusatan latihan sendiri diantaranya dilakukan di Batam, Kepulauan Riau.

Meski harus menggunakan dana mandiri, timnas bola basket terutama sektor putra bakal kembali menjalani pemusatan latihan. Pelatnas sendiri bakal dilakukan di Surabaya, 23-26 Januari atau setelah pertandingan seri pertama kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2017. "Kami memang menanfaatkan kesempatan itu. Memang waktunya tidak panjang. Tapi kami akan memaksimalkan waktu yang ada," kata Suhadi menambahkan.

Timnas basket Indonesia pada SEA Games 2017 mendapatkan target minimal mampu mengulangi perolahan medali pada SEA Games 2015 yaitu perak. Hanya saja, pihak Perbasi menginginkan hasil lebih baik meski tantangan yang dihadapi cukup berat.

Demi mendapatkan pemain potensial, manajemen timnas bakal terus memantau kompetisi IBL 2017. Saat ini memang sudah ada sedikitnya 15 pemain yang pernah dipanggil. Hanya saja, nama-nama pemain tersebut bisa saja berubah karena pelatnas menggunakan sistem promosi degradasi. Pemain yang sebelumnya dipanggil diantaranya Mario Wuysang, Christian Rinaldo Sitepu

Selain pemain lokal, pemantauan juga dilakukan pada pemain naturalisasi yang selama ini sudah memperkuat tim peserta kompetisi bola basket di Indonesia itu diantaranya Jamar Andre Jhonson yang memperkuat CLS serta Ebrahim Enguio Lopez dan Anthony Ray Hargrove dari Aspac.

EditorTjahjo Sasongko
SumberANTARA
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM