Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Punya Sirkuit, Sumsel Dapat Apresiasi dari Penyelenggara MotoGP Sepang

Kompas.com - 30/10/2016, 07:03 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis


SEPANG, KOMPAS.com
- Upaya Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menjadikan Palembang sebagai lokasi MotoGP, mendapat apresiasi dari Dorna, penyelenggara MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia. Rencananya, Palembang sudah akan bisa menggelar MotoGP pada 2018.

"Kami mengapresiasi semangat Gubernur membangun Sirkuit MotoGP di Palembang," ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, di Sepang, dalam pertemuan dengan Alex di Sepang, sebagaimana siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/10/2016) malam.

Secara teknis, lanjut Ezpelata, Dorna menyetujui Palembang menjadi tuan rumah MotoGP 2018. Sirkuit yang akan menjadi lintasan balap bakal dibangun menggunakan rancangan dari Herman Tilke Gmbh & Co.

Dok Pemprov Sumatera Selatan Penampang rencana lokasi Sirkuit MotoGP di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Sirkuit ini rencananya akan dibangun mulai 2017 dan bisa menjadi tuan rumah MotoGP pada 2018. Gambar diambil dalam pertemuan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan Chief Designer Herman Tilke Gmbh & Co, Ulrich Merres, di Sepang, Malaysia, Sabtu (29/10/2016). Dorna adalah penyelenggara MotoGP Sepang, sementara Herman Tilke Gmbh & Co merupakan perancang sirkuit di Palembang.

Alex hadir di Sepang atas undangan Dorna terkait rencana menjadikan Palembang sebagai tuan rumah MotoGP tersebut. Ezpelata berpendapat, Sirkuit MotoGP di Palembang akan membuat kota itu makin dikenal dunia, demikian pula Sumatera Selatan.

"Sumatera Selatan pun akan lebih maju dan berkembang," imbuh Ezpelata.

Sementara itu, Alex melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumatera Selatan, Teddy Meilwansyah, menyampaikan terima kasih atas persetujuan Dorna untuk Palembang menjadi tuan rumah MotoGP.

Alex menegaskan, Sumatera Selatan sangat serius berupaya mewujudkan sirkuit MotoGP tersebut. Sirkuit ini akan berlokasi di Jakabaring, Palembang.

“Pembangunan sirkuit dimulai pada 2017," sebut Alex.

Dok Pemprov Sumatera Selatan Denah rencana Sirkuit MotoGP di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Sirkuit ini rencananya akan dibangun mulai 2017 dan bisa menjadi tuan rumah MotoGP pada 2018. Gambar diambil dalam pertemuan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan Chief Designer Herman Tilke Gmbh & Co, Ulrich Merres, di Sepang, Malaysia, Sabtu (29/10/2016). Dorna adalah penyelenggara MotoGP Sepang, sementara Herman Tilke Gmbh & Co merupakan perancang sirkuit di Palembang.

Sesudah pertemuan di Sepang, sejumlah pertemuan teknis akan digelar terkait pembangunan sirkuit Jakabaring. Sejumlah pejabat eselon I Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan turut hadir pula bersama Alex dalam pertemuan di Sepang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com