Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sean Beradaptasi dengan Bagus di Sirkuit Fuji Speedway

Kompas.com - 14/10/2016, 19:04 WIB

OYAMA, KOMPAS.com - Pebalap muda Indonesia, Muhammad Sean Gelael, bisa beradaptasi dengan bagus pada sesi latihan pertama dan kedua seri ketujuh FIA World Endurance Championship di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, Jumat (14/10).

Meski baru pertama kali tampil di sirkuit ini, Sean mampu membuat catatan waktu terbaik untuk timnya, Extreme Speed Motorsport, pada sesi latihan kedua.

"Kami belum mengejar catatan waktu terbaik karena semuanya baru pertama kali. Saya ingin belajar terlebih dahulu," kata Sean yang musim ini turun pada GP2 Series.

"Setelah mengenal karakter mobil dan sirkuit, pada sesi latihan bebas berikutnya (Sabtu) baru kami akan mencoba mengejar catatan waktu terbaik. Mudah-mudahan kami juga bisa mendapat hasil yang bagus pada babak kualifikasi," ujar Sean

Sean berkolaborasi dengan pebalap GP2 yang memperkuat Prema Racing, Antonio Giovinazzi (Italia), dan mantan pebalap Formula 1, Giedo Van der Garde (Belanda). Mereka turun pada kategori LMP2.

JAGONYA AYAM Mobil yang dipakai pebalap Indonesia, Sean Gelael (tengah), dan rekan satu timnya di Extreme Speed Motorsport, Antonio Giovinazzi (kanan, Italia) dan Giedo Van der Garde (Belanda), pada seri ketujuh WEC di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, Kamis (13/10/2016).

Pada sesi latihan pertama, mereka mencetak waktu terbaik 1 menit 34,250 detik. Catatan waktu itu dibuat Van der Garde dan menempatkan mereka di urutan keempat.

Pada sesi latihan kedua, rekor waktu mereka berhasil dipertajam Sean menjadi 1 menit 32,971 detik. Namun demikian, posisi mereka turun ke urutan ke-5.

"Hasilnya cukup bagus, catatan waktu kami tak tertinggal jauh dari pebalap-pebalap yang sudah lama membalap di WEC dan berpengalaman di sirkuit ini," kata Van der Garde.

Van der Garde juga mengatakan bahwa adaptasi terhadap Sirkuit Fuji Speedway sangat penting. Banyak variasi tikungan cepat dan lambat yang harus dihadapi pebalap, terutama di sektor tiga.

Balapan ini juga diikuti sejumlah mantan pebalap F1 di antaranya Mark Webber, Kamui Kobayashi, Kazuki Nakajima, Will Stevens, Roberto Merhi, Vitaly Petrov, dan Bruno Senna.

Para peserta akan menjalani sesi latihan ketiga dan kualifikasi pada Sabtu (15/20/2016). Ada 32 mobil yang berpartisipasi dan terbagi dalam empat kategori yaitu LMP1, LMP2, GT Pro, dan GT Amatir.

Meski terbagi dalam empat kategori, balapan WEC digelar bersamaan baik dari sesi latihan bebas, kualifikasi, maupun balapan.

 

Good progressive day for car #30 keep the momentum up for tomorrow! #Ganbate

A photo posted by Sean Gelael (@gelaelized) on Oct 14, 2016 at 2:56am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com