Kamis, 30 Maret 2017

Olahraga

Pelatih Lawan Lempar Handuk, Golovkin Pertahankan Sabuk Juara

Minggu, 11 September 2016 | 08:44 WIB
ADRIAN DENNIS/AFP Petinju Kazakstan, Gennady Golovkin, pada acara timbang badan jelang pertarungan melawan Kell Brook di London, Jumat (9/9/2016).

LONDON, KOMPAS.com - Petinju Kazakstan, Gennady Golovkin, masih menjadi yang terbaik di kelas menengah seusai mengalahkan petinju Inggris, Kell Brook, Sabtu (10/9/2016) atau Minggu dini hari WIB.

Golovkin hanya butuh waktu lima ronde untuk mempertahankan sabuk juara WBC, IBF, dan IBO miliknya. Petinju berusia 34 tahun memaksa pelatih Brook, Dominic Ingle, melempar handuk pada ronde kelima dari pertarungan 12 ronde yang direncanakan. 

Brook memang menjadi bulan-bulanan Golovkin pada pertarungan di 02 Arena ini. Sejak ronde pertama, pukulan Golovkin selalu membuat Brook yang lebih muda empat tahun tersudut.

Pada ronde ketiga, Brook sempat terjatuh tetapi dianggap wasit cuma terpeleset. Barulah pada ronde kelima, Golovkin berhasil menyudutkan Brook dan memaksa pelatih lawannya melempar handuk tanda menyerah.

Golovkin menang TKO pada laga ini. Kemenangan ini meneruskan catatan positif dia yang selalu menang dari 36 pertarungan, 33 di antaranya dengan KO.

"Kell merupakan petinju besar dan petarung yang sangat bagus. Namun, maaf, dia bukanlah petinju kelas menengah. Saya menghormati dia. Kell bagus, tetapi tidak tangguh," ujar Golovkin seusai pertarungan seperti dilansir The Guardian.

Brook memang sejatinya merupakan petinju kelas welter yang berada dua level lebih ringan dibandingkan kelas menengah. Namun, saat timbang badan, dia lebih berat 0,27 kg dibandingkan sang juara. 

Petinju berusia 30 tahun itu tak bisa menutupi kekecewaannya lantaran kalah TKO.

"Golovkin memang bisa memukul saya, tetapi saya menghargapkan yang lebih keras. Percayalah, saya telah menyakiti dia," tutur Brook.

Meski kalah, Brook sudah menatap pertarungan selanjutnya. Dia ingin menghadapi Canelo Alvarez atau Liam Smith. Adapun Golovkin berharap bisa menyatukan sabuk juara dunia dengan menantang pemegang sabuk WBO, Billie Joe Saunders.

Editor : Jalu Wisnu Wirajati