Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Chong Wei Minta BAM Tidak Lepaskan Hendrawan

Kompas.com - 28/08/2016, 09:40 WIB


PETALING JAYA, Kompas.com - Peringkat satu dunia Lee Chong Wei memberi isyarat kepada asosiasi bulu tangkis Malaysia (BAM) untuk memperpanjang kontrak pelatih tunggal putera asal Indonesia, Hendrawan.

Hendrawan, 43, merupakan pelatih Chong Wei bersama pelatih asal Malaysia, Tey Seu Bock yang menangani sejak 2010. Juara dunia 2001 ini menjadi pelatih utama Chong Wei setelah pemain Malaysia ini terbebas dari hukuman larangan bertanding pada Mei 2015.

Sejak itu, Chong Wei mampu menapak kembali karirnya. Dari peringkat 182 pada Mei 2015, Chong Wei melesat ke peringkat satu menjelang berlangsungnya Olimpiade. Di Rio pun ia mampu lolos ke final dan hanya kalah dari peringkat dua dunia, Chen Long di final.

Namun dalam perjalanan ke final, Chong Wei mampu menuntaskan utang lama dengan mengalahkan musuh utamanya, Lin dan di babak semifinal. Lin Dan mengalahkan Chong Wei di final Olimpiade 2008 dan 2012.

Antara Mei 205 hingga Juli 2016, Chong Wei meraih gelar juara di sembilan turnamen. Ia juga menjadi finalis kejuaraan dunia di Jakarta dan peraih medali perak Olimpiade Rio.

Lee Chong Wei (kanan) dan pelatihnya asal Indonesia, Hendrawan

Kontrak Hendrawan sendiri akan berakhir pada Desember 2016 ini dan Chong Wei menganggap pihak BAM seharusnya memperpanjang kontrak itu. "Ia sudah membuktikan dengan hasil. Semua orang telah melihat apa yang dilakukannya kepada saya."

"Di bawah pengarahannya, saya mampu kembali menempati peringkat satu dalam 14 bulan. Padahal saat kembali bermain saya berada di posisi 182," katanya. "Dalam waktu enam tahun terakhir, ia telah menghasilkan pemain tunggal seperti Iskandar (Zulkarnain). Jadi kehadiran Hendrawan bukan hanya penting buat saya, tetapi juga untuk  sektor tunggal."

"Hendrawan telah melakukan banyak hal buat tim. Begitu pun pelatih (Tey) Seu Bock. Saya harap keduanya akan tetap menjadi bagian dalam proyek menghadapi Olimpiade 2020 di Tokyo," kata Chong Wei.

Seu Bock telah menangani Chong Wei sejak 2010 dengan asisten pelatih saat itu Rashid Sidek dan Hendrawan. Hendrawan kemudian diminta oelh Direktur Teknik BAM, Morten Frost Hansen untuk menangani Chong Wei menghadapi Olimpiade 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com