Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Voodoo Diharap Selamatkan Sepakbola Brasil

Kompas.com - 11/08/2016, 00:01 WIB

RIO DE JANEIRO, Kompas.com - Penampilan buruk timnas Brasil di Olimpiade Rio de Janeiro membuat banyak penggemar sepakbola negeri tersebut meminta bantuan kepada dunia gaib.

Mereka meminta bantuan kepada para dewa dalam kepercayaan tradisional Brasil, Candomble, Umbanda dan Macumba.

Mereka mengharap pertolongan segera datang dari langit. Tim Brasil harus mengalahkan Denmark untuk dapat lolos dari babak penyisihan grup setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Afrika Selatan dan Irak.

Bagi rakyat Brasil, kekalahan atau kegagalan timnas sepakbola  dalam sebuah turnamen akan sangat melukai harga diri mereka. Karena itu, Helio Sillman, seorang penganut kepercayaan tradisonal Brasil mempraktikkan ritual Macumba bagi timnas dan bingtang mereka, Neymar.

"Tim Brasil tak memiliki semangat Olimpik. Saya akan memohon agar Odum, Dewa kekuatan, untuk memberi semnagat kepada Neymar untuk mau tampil habis-habisan," kata Sillman.

Selain memperlihatkan dukungan dengan mengenakan jersey Selecao, Sillman juga mengenakan kalung yang merupakan simbol dari ritual keagamaan yang kerap dijalaninya.

Ia juga menyiapkan sebuah altar voodoo kecil di toko miliknya yang terletak di Pasar Madureira. Toko ini berisi alat-alat pemujaan atau pun ritual keagamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com