Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basket AS Tak Lagi Diwakili "Dream Team"

Kompas.com - 24/07/2016, 20:45 WIB

TORONTO, Kompas.com - Tim bola basket AS ke Olimpiade Rio de Janeiro tetap menjadi favorit meraih medali emas meski kali ini tak lagi diperkuat pema-pemain terbaik kompetisi Liga NBA.

Di dalam tim ini tidak terdapat nama-nama pemain terbaik final NBA seperti LeBron james dari Cleveland Cavaliers dan Stephen Curry dari Golden State Warriors.  Belum lagi nama-nama besar yang menolak bergabung seperti Russell Westbrook, Chris Paul, James Harden, Blake Griffin, Kawhi Leonard dan Anthony Davis.

Namun meski akan dicap sebagai tim kelas dua atau tim "B", manajer tim Jerry Colangelo dan pelatih kepala  Mike Krzyzewski mengaku tak terlalu sulit untuk mencari pemain dengan kualitas serupa nama-nama yang menolak bergabung.

"Kami bersyukur  banyak bakat di tubuh basket AS," kata Colangelo. "Dengan pilihan seperti ini, kami bisa membentuk tim yang kuat."

Dalam tim basket AS ke Olimpiade Rio ini hanya dua pemain yang pernah bermain di Olimpiade yaitu Kevin Durant dan Carmelo Anthony. Untung mereka masih memiliki pelatih berpengalaman Mike Krzyzewski. Pelatih yang pernah menangani Duke University ini memimpin AS merebut medali emas Olimpiade 2008 dan 2012 serta juara dunia 2010 dan 2014.

AS memiliki rekor tak terkalahkan dalam 17 gim terakhir di Olimpiade 2008-2012. Mereka terakhir kali kalah saat hanya mendapat medali perunggu di Olimpiade Athens pada 2004.

Meski terlalu jauh dibandingkan  dengan "Dream Team" AS di Olimpiade Barcelona 1992 yang beranggotakan 11 pemain yang kemudian masuk Hall of fame, skuad 2016 diperkuat beberapa pemain utama NBA.

Berikut skuad lengkap:
Jimmy Butler (Chicago Bulls)
Kevin Durant (Golden State Warriors)
DeAndre Jordan (Los Angeles Clippers)
Kyle Lowry (Toronto Raptors)
Harrison Barnes (Dallas Mavericks)
DeMar DeRozan (Toronto Raptors)
Kyrie Irving (Cleveland cavaliers)
Klay Thompson (Golden State Warriors)
Demarcus Cousins (Sacramento Kings)
Paul George (Indiana Pacers)
Draymond Green (Golden State Warriors)
carmelo Anthony (New York Knicks)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com