Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinju Meksiko Terancam Kehilangan Mata Kanan

Kompas.com - 19/07/2016, 23:22 WIB

MEKSIKO, Kompas - Petinju Meksiko, Israel Vazquez  terancam kehilangan mata kanannya akibat pertarungannya yang brutal dengan saingan utamanya, Rafael Marquez.

Vazquez yang memiliki rekor bertarung 44 kali menang dan 5 kalah dengan 32 KO mengundurkan diri setelah menghadapi Marquez pada 2010. Ini merupakan pertarungan keempat antara kedua petinju.

Usai pertarungan, vazquez yang merupakan mantan juara dunia tinju kelas bantam super IBF dan WBC menyadari ada yang salah pada mata kanannya. "Masalah (pada mata) semakin parah setelah  pertarungan terakhir,"' kata Vazquez.

"Sebelumnya saya telah menjalani banyak operasi, termasuk menanam silikon pada mata saya," lanjutnya.  "Saya yakin akan hasil kerja para dokter dan ternyata pandangan mata kanan saya tidak dapat pulih sepenuhnya.  Saya tak dapat melihat dengan mata kanan. Saya melihat dengan mata kiri dan tidak memiliki masalah."

Vazquez kemudian diberi dua pilihan. Ia bisa menungu mata kanannya rusak setelah bertahun-tahun  atau menjalani operasi pengangkatan dengan menanam mata palsu. Vazquez memilih yang kedua dan menunggu saat menjalani operasi.

"Belum ada waktu yang pasti. tetapi kami akan lihat apakah kami bisa melakukannya," kata Vazquez. "Secara psikologis memang sulit menerima kondisi ini., tetapi kami akan terbiasa dengan hal ini."

Vazquez memuji Marquez sebagai lawan yang sangat tangguh.  Dari empat pertarungan dengah Marquez, Vazquez mengaku puas pada partai kedua. "Bagi saya pertarungan kami yang kedua sangat berarti. Saya mampu merebut kembali gelar saya," katanya.

Meksi menyebabkan cedera permanen, Vazquez tidak menyesali pertarungan yang keempat atau yang terakhir. "Saya memang mengalami  cedera pada mata, namun saya mengalami hal serupa pada pertarungan kedua dan tetap dapat mengalahkannya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com