Rabu, 29 Maret 2017

Olahraga

Raih Tiga Kemenangan Beruntun, Rafid Topan Berharap Dapat Tambahan Sponsor

Senin, 4 Juli 2016 | 22:39 WIB
CEV REPSOL Pebalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto (kanan), berdiri di atas podium setelah finis di urutan pertama pada balapan Superstock600 di Sirkuit Albecete, Minggu (3/7/2016). Dia berbagi podium bersama pebalap yang finis tiga besar kelas Moto2 European Championship.

ALBECETE, KOMPAS.com - Pebalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto, selalu naik podium pada tiga balapan CEV International Championship yang dia ikuti. Topan selalu keluar sebagai pemenang di kelas Superstock600.

Musim ini, Topan baru bergabung pada seri keempat di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, 11-12 Juni, bersama tim Chronos Corse. Topan absen pada empat balapan pertama.

Karena keterbatasan dana, Topan belum bisa mendapatkan motor prototipe. Dengan motor standar, dia turun di kelas Superstock600. Balapan nomor ini digelar bersamaan dengan Moto2 European Championship.

Dari tiga balapan yang sudah diikuti, Topan langsung unjuk kemampuan dengan selalu meraih kemenangan. Bahkan, dia bisa bersaing dengan para pebalap Moto2.

Pada balapan pertama di Barcelona, Sabtu (11/6/2016), dia bahkan bisa finis di urutan ke-14 dari seluruh peserta. Dengan raihan dua poin, namanya terdaftar dalam klasemen sementara kelas Moto2.

Di kelas Superstock600, dia sudah mengoleksi 75 poin, hasil selalu menang dari tiga balapan. Dia kini berada di urutan ketiga klasemen.

Topan kalah dari Ivo Lopes (Oneundret Racing Team) dan Thibaut Gourin (Race Experience) yang memang sudah turun sejak seri pertama musim ini.

"Saya berharap sudah bisa naik motor Moto2 pada seri berikutnya. Motor yang saya pakai sekarang Honda CBR tahun 2008," kata Topan dalam pesan singkat kepada KOMPAS.com.

Dengan prestasi yang sudah diraih, Topan berharap akan ada sponsor baru yang meliriknya. Dia sudah membuktikan diri mampu bersaing dengan pebalap lain.

Dengan motor yang dia pakai sekarang, Topan kadang dihadapkan pada masalah teknis saat balapan, seperti saat turun pada race di Sirkuit Albecete, Minggu (3/7/2016).

"Pada dua lap terakhir, mesin motor saya ada kendala. Di tiap tikungan, gearbox-nya suka netral," ujar Topan.

Selama mengikuti CEV International Championship, Topan lebih banyak tinggal di Spanyol. Dia akan turun pada seri keenam di Sirkuit Algarve, 25-28 Agustus.

Editor : Pipit Puspita Rini