Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Haryanto: Saya Tidak Terlalu Senang dengan Hasil Hari Ini

Kompas.com - 16/04/2016, 22:57 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, akan memulai balapan GP China di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (17/4/2016), dari posisi start ke-20.

Rio langsung tereliminasi pada kualifikasi pertama (Q1), Sabtu (16/4/2016). Dia menyelesaikan sembilan putaran pada sesi ini dan mencatat putaran terbaik 1 menit 40,264 detik.

"Saya tidak terlalu senang dengan hasil putaran hari ini. Kemarin (sesi latihan pertama dan kedua), kami cukup kompetitif dan bisa bersaing dengan Sauber, tetapi hari ini tidak bisa," kata Rio.

"Kami harus melihat seberapa besar hal itu memengaruhi kami. Kecepatan kami saat sesi latihan kemarin bagus, jadi saya tetap berpikir positif untuk balapan besok," ujar Rio menambahkan.

Menurut Rio, kesulitan utama yang dia hadapi adalah menjaga suhu ban. Dia sudah melakukan putaran komplet sebelum sesi dihentikan sementara karena insiden yang menimpa rekan satu timnya, Pascal Wehrlein.

Pebalap Jerman tersebut melintir saat melewati lintasan lurus start/finis. Mobilnya keluar jalur dan akhirnya menabrak pembatas.

Wehrlein tak sempat mencatat putaran pada sesi ini. Dia akan memulai balapan dari posisi start ke-21, satu baris dengan Lewis Hamilton (Mercedes) yang juga gagal mencatat putaran karena masalah di mobilnya.

"Lintasan cukup kering pada awal kualifikasi, ban kering (kompon supersoft) jadi pilihan yang tepat. Ada gelombang di lintasan lurus start/finis dan setelah itu ada genangan air, yang saya lewati. Saya kehilangan kendali ban belakang lalu melintir," kata Wehrlein.

Meski menabrak pembatas, Wehrlein tak sampai mengalami cedera. Dia bisa kembali ke pit, tetapi tidak bisa melajutkan sesi.

"Tidak mudah mengawali balapan dari belakang, tetapi kami pernah melakukannya di Australia (seri pertama), dan hasil saya tidak terlalu buruk," kata pebalap 21 tahun tersebut.

Balapan GP China akan berlangsung Minggu mulai pukul 14.00 waktu setempat (13.00 WIB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com