Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Usakti Pertahankan Gelar LIMA GJC

Kompas.com - 03/04/2016, 06:20 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Tim bulu tangkis putra Universitas Trisakti (Usakti) berhasil pertahankan gelar juara LIMA Badminton Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference mengalahkan Universitas Budi Luhur (UBL) dengan skor 3-1 pada laga final yang dihelat di Gelanggang Remaja Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (2/4/2016).

Meski kedua tim sama sama berhak maju ke LIMA Badminton Nationals, pertandingan final memperebutkan tangga juara LIMA Badminton Greater Jakarta Conference berjalan dengan seru.

Tunggal pertama UBL, Mohammad Agung Akhdani memperpanjang rekor tak terkalahkan di ajang ini usai me bekuk tunggal putra Usakti, Rizky Ariandi melalui rubber game, 18-21, 21-15 dan 11-7.

Perjalanan Agung untuk meraih kemenangan di partai perdana ini tidak lah mudah. Menghadapi Rizki, Agung harus kehilangan poin di gim pertama ini. Cerdiknya permainan Rizki yang membuat usaha Agung menyerah di poin-poin akhir dengan skor 21-18.

Memasuki gim kedua, Agung langsung bermain cepat. Smes mematikan dan penempatan bola yang tepat langsung diterapkan Agung. Hingga paruh set kedua ini Agung mampu memipin dengan keunggulan 11-8.

Usai turun minum Agung konsisten dengan permainan apik dirinya mampu bertahan dari kejaran poin lawan dan menyudahi gim ini dengan skor 21-15.

Gim ketiga yang jadi penentuan, Rizki sempat memimpin dengan selisih 4 poin Namun, Agung menyamakan kedudukan menjadi 7-7 dan menyelesaikan laga dengan poin akhir 7-11.

UBL tak lantas menyerah. Di partai kedua ganda Armada dan Ferrico UBL menyamakan kedudukan menjadi 1-1.
Sama halnya dengan partai pertama.laga partai kedua ini juga berlangsung seru. Susul menyusul poin kedua pasangan tersaji selama pertandingan sebelum duet duet Usakti itu sukses mendekap pasangan Anindyo dan Frida dengan dua set langsung dengan skor 21-19, 21-16....

Partai ketiga yang mempertandingkan nomor triple menjadi milik Usakti. Trio Samuel/Kenny/Rizky berhasil meraih kemenangan atas Andry/Satelit/Agung. Ketiganya tak mengalami banyak hambatan melawan UBL yang dimotori Agung yang dikalahkan dengan skor 21-15 dan 21-11.

Usakti memastikan gelar kembali jadi milik mereka setelah tunggal kedua Ari Jauhari menghentikan perlawanan Frida Nur Sulistyawan dengan skor 14-21,21-19,11-6 dalam waktu 45 menit

“Secara kesuluruhan saya merasa puas dengan kemenangan ini, meskipun di laga awal kami harus kehilangan poin. Mengahadapi LIMA nasional nanti saya akan persiapkan tim dengan menambah intensitas latihan lebih rutin lagi,” ujar Coach Eko, pelatih Usakti.

Hal senada juga dikatakan pemain penentu kemenangan Usakti, Ari Januari."Ya, Kami memang menang pada ajang ini, tapi ini bukanlah tujuan akhir kami. Juara LIMA nasional lah yang menjadi tujuan kami, untuk itu kami akan kembali menyiapkan tim jelang LIMA nasional nansti,” kata Ari.

Usai menjalani debut di Conference Jakarta, para jawara LIMA Badminton akan kembali adu kekuatan di Lima Badminton Nationals yang akan berlangsung di Surabaya pada 3-7 Agustus 2016.

Sehari sebelumnya, tim putri Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi yang terbaik usai menekuk Univerisitas Trisakti (Usakti) dengan skor 2-1. Kemenangan UPH ditentukan melalui laga ketiga yang mempertemukan pasangan pasangan Jovita/ Raveska yang menang dua set langsung atas Amelia/Clara dengan skor 21-13, 21-14.

Sebelumnya tripel UPH Defanya/Gilbertha/Sheren pada pertandingan pertama menang atas Clara/Silvia/Celidya lewat dengan skor akhir 16-21, 21-17 dan 11-10.

Sedangkan Usakti berhasil mencuri satu poin setelah tunggal Yuanda Helmi mengalahkan Azizah Ulfah dengan skor 22-20, 13-21, 6-11

Meski kalah, Putri Usakti tetap mendapat tiket putaran final Agustus nanti karena mendapat jatah salah satu dari dua kuota tim terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com