Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Papua Protes soal Uang Saku dan Bonus PON

Kompas.com - 16/03/2016, 16:55 WIB

JAYAPURA, Kompas.com — Sejumlah atlet Papua meminta kejelasan mengenai besarnya uang saku yang akan diberikan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat nantinya setelah menjalani Pemusatan Latihan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat.

Charly Matatar, salah seorang atlet Papua yang mewakili rekan-rekannya, di Jayapura, Rabu (16/3/2016), mengatakan, pihaknya meminta kejelasan dan keterbukaan tentang uang saku dan pembayarannya harus tepat waktu.

"Kami mendesak KONI Papua agar segera menetapkan pemberian bonus PON bagi atlet yang meraih medali emas, perak, dan perunggu seperti yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat kepada atletnya," katanya.

Menurut Charly, hal ini tentunya bisa menjadi motivasi bagi atlet dalam persiapan menghadapi PON XIX di Jawa Barat.

"Masalah lain adalah perlunya tenaga pelatih sebagian cabang olahraga yang saat ini belum memilikinya, padahal atletnya sudah menjalani latihan, serta penerbitan SK PON Papua 2016 Jawa Barat," ujarnya.

Dia menuturkan, untuk semua ini, KONI Papua harus memberikan penjelasan secara transparan kepada atlet.

"Kami memberikan waktu kepada KONI Papua sampai hari Jumat nanti dan sudah harus ada kepastian tentang semua aspirasi ini," katanya lagi.

Dia menambahkan, menurut rencana, Ketua Harian KONI Papua akan bertemu langsung dengan atlet. Jika semua hal ini tidak dilaksanakan, maka atlet tetap akan melakukan demo dan mogok latihan untuk PON XIX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com