Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logo Olimpiade 2024 Hasil Plagiat?

Kompas.com - 14/02/2016, 06:13 WIB


PARIS, KOMPAS.com
- Kota Paris menjadi salah satu kandidat tuan rumah Olimpiade 2024. Mereka pun telah meluncurkan logo resmi Olimpiade sebagai salah satu instrumen dalam berkampanye.

Logo kampanye Paris 2024 diperkenalkan kepada publik pada Selasa (9/2/2016). Goresan dengan warna Olimpiade itu terlihat seperti membentuk sketsa Menara Eiffel dan angka 24 yang merujuk tahun pelaksanaan Olimpiade.

"Kami percaya logo ini merefleksikan Paris sebagai kota modern, tetapi tetap menjaga warisan budaya. Logo ini juga menunjukkan ambisi kami untuk mencalonkan diri," kata Co Chairman Paris 2024, Bernad Lapasset kepada Euronews, seusai acara peluncuran logo di Arc de Triumph.

Akan tetapi, logo tersebut juga memancing sejumlah reaksi di media sosial. Sebagian mempertanyakan keaslian logo goresan konsultan desain Dragon Rouge itu.

Sebuah artikel dari majalah G2 melihat logo kampanye Kota Paris itu mirip dengan perusahaan konsultan acara-acara olahraga asal Inggris, 4 Global.

Pihak Dragon Rouge lantas memberikan konfirmasi. Mereka mengatakan tak pernah ada niatan untuk meniru logo perusahaan atau kegiatan lain. Selain itu, mereka juga mengaku telah melakukan pengecekan dari segi hukum sebelum merilis logo Paris 2024.

"Kalian membuat saya takut," uja Kheireddine Sidhoum, salah seorang desainer Dragon Rouge seperti dilansir The Independent.

Upaya gugatan untuk desain logo sebuah kegiatan seperti Olimpiade memang bukan kali pertama terjadi. Tahun lalu, Panitia Pelaksana Olimpiade 2020 juga sempat diminta untuk menarik logo Tokyo 2020 oleh seorang desainer Belgia karena dianggap mirip dengan hasil karyanya.

Tudingan peniruan logo Olimpiade itu tak membuat hasrat Paris untuk maju jadi tuan rumah surut. Mereka tetap akan bersaing dengan Roma (Italia), Los Angeles (Amerika Serikat), dan Budapest (Hungaria) untuk menjadi tuan rumah ajang multicabang itu.

Dari 4 nomine, tinggal Budapest yang belum menyertakan logo resmi kampanye tuan rumah Olimpiade 2024.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com